SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH RELOKASI DAN REVITALISASI PASAR TRADISIONAL WLINGI KABUPATEN BLITAR TERHADAP KONDISI EKONOMI PEDAGANG

Arinal Kurnia Rifani

Abstrak


ABSTRAK

 

Rifani, Arinal Kurnia.2014.Pengaruh Relokasi dan Revitalisasi Pasar Tradisional Wlingi Kabupaten Blitar terhadap Kondisi Ekonomi Pedagang, Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mustofa, M. Pd(II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si.

 

Kata kunci: relokasi, revitalisasi, ekonomi

 

Pada Tahun 2013 Dispenda Kabupaten Blitar melakukan kebijakan untuk merelokasi dan merevitalisasi Pasar Wlingi dengan membagi Pasar menjadi 2 lokasi yang berbeda.Pasar Wlingi yang pada awalnya berada di Kelurahan Babadan dipindahkan ke Kelurahan Tangkil. Setelah adanya relokasi dan revitalisasi kondisi pasarmenjadi sepi pengunjung dan terjadi penurunan pendapatan pedagang.

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan perbedaan kondisi pasar dan kondisi ekonomi pedagang sebelum dan setelah adanya relokasi dan revitalisasi di Pasar Wlingi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Subyek penelitian adalah pedagang yang direlokasi dan revitalisasi. Obyek yang diteliti adalah kondisi pasar dan kondisi ekonomi pedagang. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan tabulasi tunggal, silang, dan uji t-test.

Berdasarkan analisis data terjadi perbedaan jumlah pendapatan pedagang. Terjadi penurunan pendapatan setelah adanya relokasi dan revitalisasi. Penurunan pendapatan terjadi karena biaya operasional di Pasar baru lebih tinggi. Berdasarhasiltersebut, disarankan: (1) Perluadanyaevaluasiuntukbiayaoperasional di PasarWlingi yang baru. Pemerintah perlu mempertimbangkan biaya kios, dan retribusi yang dibebankan kepada pedagang. Karena biaya operasional pasar terlalu tinggi sedangkan pendapatan tidak seimbang dengan biaya yang harusdikeluarkan,(2) Perlu adanya promosi, dan perbaikan fasilitas pasar seperti tempat parker pengunjung, toilet, musholla, dan kebersihan pasar untuk menarik minat pembeli.(3) Perbaikan sarana transportasi di kawasan PasarWlingi Baru agar pedagang/pembeli lebih mudah menjangkau ke tempat belanja/pasar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Rifani, Arinal Kurnia. 2014. TheInfluence of Relocation and Revitalization of WlingiTraditional Market in Blitar Regency to the Merchants Economic Condition. Thesis, Deprtment of Geography, Faculty of Social Science, State University of Malang.Advisor: (I) Drs. Mustofa, M. Pd (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si.

 

Keywords: Market, Economic, Merchant

 

On2013,Revenue Official of Blitar Regency carried out policy torelocate and revitalize Wlingimarket by dividing themarketinto 2 different locations. Wlingi market which was originally locatedin the Babadanvillage moved tothe Tangkil village. After their relocationand the revitalization ofthe new market conditions become empty of visitorsand traders revenuedec line.

The research purpose toof describe thedifferences inmerchants economic condition before and after there locationan drevitalization inWlingi Market.

This study uses aquantitative research designwitha survey method. Subjects were relocated merchantsand revitalization. Object studiedis themarket conditionsan deconomic conditions merchant. Retrieving data using techniques of documentation, observation, andinterviews.Analysis ofdata usinga singletabulation, cross tabulation, andt-test.

Based on theanalysis of dataobtainedin different countsmerchantrevenue.A decline inrevenueaftertheirrelocationandrevitalization.The decline inrevenueoccurreddue tooperational costsinnewmarketshigher. Based onthese results, it is suggested: (1) There should bean evaluationofthe operationalcostsinthe newWlingiMarket. The governmentneeds toconsider the cost ofthe stall, and feescharged tomerchants. Because themarketis toohighoperational costswhile revenuesare notbalanced with the costto be incurred, (2) Need forpromotion, andimprovement ofmarketfacilitiessuch asvisitorparking lot, restrooms, prayer, andthe cleanliness of themarkettoattract buyers. (3) Improvementof transportationinthe NewMarket areaWlingithattraders/buyerseasierreachto theshopping/market.