SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 1 TUMPANG KABUPATEN MALANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT)

Leni Fitria Rismaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Rismaya, Leni Fitria. 2014. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd, (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: Teams Game Tournament, Motivasi belajar, Hasil belajar

 

Observasi awal peneliti di SMAN 1 Tumpang menunjukkan bahwa motivasi belajar kelas XI IPS 2 masih perlu ditingkatkan lagi karena masih terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar kurang. Kegiatan pembelajaran cenderung didominasi oleh guru (teacher center). Siswa hanya duduk mendengarkan, bahkan ada siswa yang bermain sendiri dan tidak mendengarkan ketika guru sedang memberi penjelasan. Rendahnya motivasi belajar berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hasil ulangan Geografi menunjukkan 32 siswa memiliki nilai di bawah KKM atau tidak tuntas belajar.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan mata pelajaran geografi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Teams Game Tournament (TGT).Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian tes dan angket pada setiap akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes formatif dan angket. Analisis data meliputi kegiatan mengolah data, menarik kesimpulan, dan refleksi.Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam kaitanya dengan pembangunan berkelanjutan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran TGT mampu meningkatkan motivasi belajar dengan total skor sebesar 76,86 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,60 pada siklus II. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 76.61% dan pada siklus II sebesar 93.52%.Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Disarankan bagi sekolah agar menggunakan TGT sebagai alternatif model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan di sekolah berkaitan dengan pembelajaran. Bagi guru yang menerapkan model TGT perlu memperhatikan alokasi waktu dan pembentukan kelompok. Bagi peneliti lanjut penghargaan yang variatif berguna untuk lebih memacu motivasi belajar siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Rismaya, Leni Fitria. , 2014. IncreasingMotivation and Learning Output of the Class XI IPS 2 Geography Students of SMAN 1 Tumpang, Malang Regency  Through the Implementation of Teams Games Tournament (TGT) Learning Model. Thesis, Department of Education Geography, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Ahmad Amirudin, M.Pd, (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

 

Keywords: Teams Games Tournament, learning motivation, learning output

 

The result of the preliminary study conducted by the researcher showed that learning motivation in class XI IPS 2 was needed to be improved, because several students had low learning motivation. Learning activities tend to be dominated by the teacher (teacher center). Moreover, there were some students who played and didn’t listen when the teacher gave an explanation. The lack of student learning motivation had impact toward the low of student learning outcomes in geography middle test. In the middle test, 32 students had score below the minimum criteria for passing grade, it meant they couldn’t complete the study.

The purpose of this research are increasing the learning motivation and student learning outcomes with the material of  environment in its relationship to the suistainable development in geography subject at class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. This study was a Classroom Action Research. The research activity consisted of 2 cycles, each cycle consisted of 2 meetings with 4 research stages, planning; implementation; observation; and reflection. The data collection in this research was collected from the documentation, questionnaire, and formative test. The research was conducted in class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang with the material of environment in its relationship to the suistainable development.

The result showed an increase in motivation and student learning outcomes. TGT application of learning models can improve learning motivation are 76,86% in the first cycle and increase to 82,60% on the second cycle. Average learning outcomes in the first cycle are 26,64 (53,31%) and on the second cycle are 43,55 (56,84%). The conclusion of this research was the implementation of TGT learning model could improve the learning motivation and learning outcomes in class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. recomendation