SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Remitan dan Pemanfaatannya di Daerah Asal Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Ike Fatmawati

Abstrak


ABSTRAK

Fatmawati, Ike. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Remitan dan Pemanfaatannya di Daerah Asal Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budijanto, M.Sos, (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd.

Kata Kuci: faktor-faktor, remitan, pemanfaatan remitan

Penghasilan yang rendah di daerah asal menjadi salah satu faktor pendorong TKI untuk mencari pekerjaan di luar negeri. TKI yang bekerja di luar negeri akan mengirimkan sebagian penghasilan ke daerah asal yang disebut remitan. Besar remitan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang masih belum sepenuhnya diketahui oleh TKI dan pemanfaatan remitan sebagian besar dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif daripada kebutuhan produktif, sehingga remitan tidak dapat digunakan untuk jangka panjang.

Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember tentang faktor-faktor yang mempengaruhi remitan dan pemanfaatannya di daerah asal bertujuan untuk (1) mengetahui besar remitan yang dikirim kepada rumah tangga TKI di daerah asal, (2) mengetahui pengaruh faktor kawasan TKI bekerja, lama bekerja, jenis pekerjaan, pendapatan dan pendidikan TKI terhadap remitan, (3) mendeskripsikan pemanfaatan remitan di daerah asal, dan (4) mendeskripsikan dampak pemanfaatan remitan terhadap mobilitas pekerjaan.

Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, jenis penelitian eksplanatory dengan metode survey. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling area, yaitu Desa Sumberejo dengan jumlah TKI terbanyak, dan simple random sampling pada pemilihan sampel responden. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan tabulasi dan statistik dengan chi square.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) besar remitan rata-rata 2.455.000 perbulan, (2) Faktor kawasan TKI bekerja, lama bekerja, jenis pekerjaan, pendapatan dan pendidikan TKI berpengaruh signifikan terhadap besar remitan, (3) pemanfaatan remitan sebagian besar untuk kebutuhan konsumtif seperti

membangun rumah, pendidikan, membayar hutang, dan kebutuhan sehari-hari daripada kebutuhan produktif, dan (4) dampak pemanfaatan remitan yang digunakan untuk kebutuhan produktif menyebabkan adanya mobilitas pekerjaan oleh anggota rumah tangga TKI meskipun dengan prosentase rendah.

Pemanfaatan remitan diharapkan lebih banyak digunakan untuk kebutuhan yang produktif, agar fungsi remitan dapat bermanfaat secara maksimal untuk orientasi masa depan.