SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Aspek Kependudukan Kelas XI MA Negeri Malang

Riska Elina Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Riska Elina. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Aspek Kependudukan Kelas XI MA Negeri Malang 1. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H,M.Pd, M.Si, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir analitis

 

Pembelajaran geografi bertujuan mengembangkan beberapa kemampuan siswa salah satunya kemempuan berpikir analitis. Kemampuan berpikir analitis siswa dalam pembelajaran geografi masih tergolong rendah karena pembelajaran yang ada kurang mengasah kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir dalam pembelajaran geografi masih sebatas aspek pengetahuan. Pengembangan kemampuan berpikir analitis siswa dalam mata pelajaran geografi perlu dikembangkan melalui pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir analitis siswa adalah pembelajaran Problem Based Learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperimen atau eksperimen semu, yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri Malang 1. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas Eksperimen akan diberi perlakuan dengan pembelajaran Problem Based Learning, sementara kelas kontrol tidak diberi perlakuan atau pembelajaran ceramah.

Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dengan menggunakan soal essay yang terdiri dari lima soal untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa. Pembuatan instrumen tes dikembangkan dari kisi-kisi soal tes. Kisi-kisi soal tes essay dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir analitis. Soal tersebut akan diberikan setelah eksperimen untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis siswa setelah perlakuan pada kedua kelas. Penelitian ini mengguanakn rancangan posttest-only control design. Analisis data pada dalam penelitian ini menggunakan Uji Statistik dengan bantuan SPSS for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. berdasarkan hasil analisis menggunakan independent t-test diperoleh nilai sig 0,036 atau