SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 1 MALANG

Bayu Firmantara

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmantara, Bayu. 2014. Penerapan Model Pembelajaran  Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran  Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 Man 1Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hendri Purwito, M.Si (2) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd.

 

Kata Kunci: model Pembelajaran Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis.

 

Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di MAN 1 MALANG, diketahui bahwa kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi dapat dikatakan cenderung rendah. Hal ini disebabkan model pembelajaran ceramah yang cenderung memaksa siswa untuk menghafal materi. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matapelajaran Geografi siswa di kelas XI IPS 1 MAN 1 MALANG.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus, siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus 2 juga terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 36 orang. Data dalam penelitian ini berupa kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen yang diberikan yaitu lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 1 MAN 1 MALANG. Rata- rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa siklus I adalah 49,85. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,19. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Malang.

Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan alternatif  model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta dapat dijadikan landasan untuk melakukan penelitian sejenis di masa mendatang.