SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA KELAS XI

Andi Brata Dwi Kusuma

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusuma, Andi Brata Dwi. 2014. Pengembangan media Komik Pelestarian Lingkungan Hidup Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA Kelas XI.Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. DjokoSoelistijo, M.Si, (II) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd.

 

Kata Kunci: media komik, lingkungan, SMA kelas XI

 

Seorang guru seharusnya memiliki sejumlah kemampuan mengaplikasikan berbagai teori belajar dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Siswa akan sulit memahami dan mengingat materi yang diajarkan guru apabila hanya dengan cara ceramah tanpa menggunakan media. Bagi siswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi tentu tidak ada kesulitan, namun sulit untuk siswa dengan tingkat kecerdasan kurang atau lamban dalam berfikir. Oleh karena itu, dibutuhkan kejelian dan kreativitas guru dalam strategi pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan tidak merasabosan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dalam bentuk media pembelajaran komik geografi topik  pelestarian lingkungan hidup yang teruji dapat meningkatkan minat baca siswa dan memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsepl ingkungan.Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Model ini menggariskan langkah-langkah umum yang harus diikuti untuk menghasilkan produk, yang terdiri dari kegiatan analisis materi pembelajaran, perumusan tujuan, desain media, produksi, prototype media, validasi, revisi, uji coba, dan produk akhir. Data penelitian bersifat kuantitatif yang diperoleh dari hasil uji coba produk. Data yang dihasilkan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini yaitu 1) validasimateri, konsep ekosistem perlu disempurnakan dan contoh serta penjelasan di perbanyak, 2) validasi media, foto yang masih blur perlu dibenahi dan di pertegas, redesain cover depan, 3) uji coba, media terkategori ”valid” karena persentase angket berada pada rentang 80-100%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa produk valid di gunakan sebagai media pembelajaran geografi di SMA kelas XI dengan penambahan materi ekosistem yang kurang, melakukan pertimbangan tertentu, dan perubahan yang dilakukan tidak terlalu besar dan tidak mendasar.

Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan dating diajukan adalah: (1) Pada awal pembelajaran, hendaknya guru menarik minat siswa dengan memberikan penjelasan tentang media komik yang akan digunakan dalam pembelajaran lingkungan agar siswa tertarik dan memahami penggunaan media komik dengan baik dan benar, (2) untuk membuat komik mudah didapatkan banyak pihak, maka komik disebarluaskan melalui forum MGMP dan diupload di internet, (3) untuk pengembangan yang akan datang, produk dapat dibuat pada materi lain dengan proses menggambar.