SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Masyarakat Kecamatan Besuki terhadap tahap awal Pembangunan Jalan Lintas Selatan Pulau Jawa Kabupaten Tulungagung

Yuyun Sudarmini

Abstrak


ABSTRAK

 

Sudarmini, yuyun, sri. 2007. Persepsi Masyarakat Kecamatan Besuki terhadap tahap awal Pembangunan Jalan Lintas Selatan Pulau Jawa Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sugeng Utaya, M,Si., (II) Drs. I Komang Astina M, Si.

 

Kata kunci: persepsi, masyarakat, JLS

 

            Jalan Lintas Selatan pulau jawa mempunyai peran sangat penting untuk mempercepat kemajuan kawasan selatan Pulau Jawa. Dibangunnya Jalan Lintas Selatan (JLS) ini akan terbuka suatu hubungan baru Kabupaten Tulungagung dengan daerah lain. Pembangunan Jalan Lintas Selatan Tulungagung yang pada saat ini dilakukan untuk menindak lanjuti pembangunan ekonomi daerah Tulungagung. Semula ekonomi hanya berkembang daerah utara, diarahkan pada daerah selatan Tulungagung.

            Pembangunan fisik Jalan Lintas Selatan menentukankan persepsi masyarakat yang berbeda-beda karena hal itu berkaitan dengan kehidupan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan, sikap, motif bertindak masyarakat serta harapan masyarakat terhadap pembangunan JLS.

Penelitian ini berifat deskriptif dengan mengambil dua sampel sebagai berikut. Sampel wilayah diambil secara porposif yaitu Desa Besole dan Keboireng. Sampel responden dalam penelitian ini sebanyak100 kk dari kedua desa tersebut. Data yang diperoleh  dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabulasi silang. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat mempunyai pengetahuan yang baik sebanyak 93% tentang pembangunan Jalur Lintas Selatan. Masyarakat mempunyai sikap yang baik terhadap pembangunan Jalur Lintas Selatan sebesar (75%). Masyarakat yang mendukung pembangunan JLS sebesar (97%). Harapan sebelum JLS dibanguan 97% masyarakat menginginkan kemajuan daerahnya dalam bidang ekonomi. Harapan masyarakat pada saat pembangunan JLS berlangsung adalah aman, cepat selesai, dan diresmikan. Disekitar JLS dibuat kavling untuk usaha masyarakat, sebanyak 97%. Harapan masyarakat setelah JLS selesai dibanguan 95% masyarakat menginginkan diresmikan, agar masyarakat bisa cepat memanfaatkan, untuk dapat meningkatkan perekonomian,  meningkatkan pariwisata daerah di Tulungagung selatan.               

 


Teks Penuh: DOC PDF