SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemetaan Sebaran Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga Pemandu Wisata Perahu Layar Di Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo

Ziaullah Sudiana Rizki

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizki, Ziaullah Sudiana. 2014. Pemetaan Sebaran Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga Pemandu Wisata perahu Layar di Pantai Pasir PutihKabupatenSitubondo. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si (2) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pariwisata, Sosial Ekonomi, Pemetaan

                  

Secarageografis Kabupaten Situbondo memiliki kekayaan laut salah satunya pariwisata. Keadaan objek wisata menjadi penting bagi masyarakat yang berperan sebagai pekerja di Pasir Putihsalah satunya pemandu.Kekayaan dan pemanfaatan sumber daya laut belum menjamin kelayakan hidup masyarakat. Hal ini disebabkan masyarakat sekitar memanfaatkan keadaan ini menjadi pekerjaan tetap yang membantu perkonomian. Pekerjaan sebagai pemandu wisata perahu layar tidak menjamin mereka yang bekerja. Pada saat tertentu mereka mendapatkan keuntungan dan ada kalanya berhenti bekerja. Hal ini disebabkan adanya siklus musiman yang membuat pengunjung hanya datang pada saat tertentu, tingginya pesaing antar objek wisata, fasilitas wisata, kenyamanan, bencana alam, dan kurangnya koordinasi antar pekerja.

Penelitian ini ditujukan untuk memetakan sebaran tingkat sosial ekonomi keluarga pemandu wisata perahu layar. Pemetaan sosial ekonomi membahas tentang umur, pendidikan, beban tanggungan, pekerjaan, beban  tanggungan, sistem kerja, pendapatan, kontribusi pendapatan, dan kesejahteraan. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Pengambilan data menggunakan purposive sampling melalui observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data ini mengunakan tabulasi tunggal, rumus kontribusi pendapatan.

Karakteristik pemandu wisata berdasarkan hasil penelitian dilihat dari segi geografis dalam memanfaatkan keadaan alam, umur pemandu wisata yang mendominasi berkisar 45-49 tahun dengan jumlah 11, pendidikan pemandu wisata berada pada pendidikan SMA dengan jumlah 34,beban tanggungan pemandu wisata yang mendominasi berkisar >2 dengan jumlah 36, pekerjaan pokok pemandu wisata menjadi pekerjaan tetap, pekerjaan sampingan pemandu wisata yang mendominasi yaitu 8 buruh tani dan 8 pengrajin, sistem kerja bersifat individu, pendapatan pokok pemandu wisata yang mendominasi berkisar Rp.1.000.000-1.200.000 per bulan, pendapatan sampingan pemandu wisata yang mendominasi berkisar Rp.400.000-500.000 per bulan, pendapatan di luar kerja pemandu wisata yang mendominasi berkisar Rp.300.000-400.000 per bulan, kontribusi pendapatan pemandu wisata yang mendominasi berada dikategori 71-80 dengan jumlah 20. Keluarga Sejahtera 1 pemandu wisataberjumlah 38, Keluarga Sejahtera 2 berjumlah8 dan Keluarga Sejahtera 3 berjumlah 4.