SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Geografi di SMP Negeri 4 Malang

Ika Yuliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuliana, Ika. 2007. Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS  Geografi di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing:        (1) Dra. Sumarmi, M.Pd (2) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

 

Kata-kata kunci: siklus belajar, keaktifan belajar, hasil belajar.

 

Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dituntut untuk dapat menguasai model pembelajaran dan menyesuaikannya dengan materi pelajaran, sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran dengan baik. Berdasarkan observasi bahwa siswa di SMP Negeri 4 Malang dalam belajar geografi masih cenderung pasif, menghafalkan teori saja, kurang bersemangat belajar, metode yang diterapkan guru yaitu ceramah dan tanya jawab, serta hasil ulangan harian mereka sesuai dengan standar ketuntasan 65 terdapat sekitar 75% siswa yang harus mengikuti remidi. Kondisi yang demikian membutuhkan suatu perubahan dalam menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang perlu diterapkan adalah model siklus belajar (Learning Cycle). Model pembelajaran ini dalam penerapannya siswa belajar berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya. Kemudian mereka dibimbing untuk dapat menemukan suatu konsep baru untuk memperkaya pengetahuannya. Kemudian siswa menerapkannya ke dalam situasi yang lain atau kehidupan sehari-hari. Siklus belajar dalam penelitian ini terdiri dari tiga fase, yaitu: fase eksplorasi, fase pengenalan konsep, dan fase penerapan konsep.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS Geografi siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Malang, (2) mengetahui apakah penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Malang.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-F di SMP Negeri 4 Malang yang terdiri dari 44 siswa. Keaktifan siswa selama kegiatan belajar diamati dengan menggunakan instrumen yang berupa pedoman observasi. Hasil belajar siswa diukur dengan instrumen berupa tes yang diberikan pada sebelum pembelajaran (pretes) dan setelah akhir siklus pembelajaran (postes). Untuk menunjang data penelitian digunakan data aktifitas guru selama pembelajaran dan foto aktifitas siswa. Data yang diperoleh, dianalisis secara deskriptif.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat, yaitu dari skor 28 dengan nilai cukup menjadi 38 dengan nilai baik. Selain itu hasil belajar siswa juga meningkat dari baik dengan nilai rata-rata 74,32 menjadi sangat baik dengan nilai rata-rata 96,25. 

Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru bidang studi geografi dapat menggunakan model siklus belajar (Learning Cycle) yang disesuaikan dengan materi selama proses pembelajaran.

 


Teks Penuh: DOC PDF