SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Ekonomi Tenaga Kerja Lepas terhadap Pendapatan Keluarga Rumah Tangga Sentra Industri Tempe Sanan Kota Malang.

indah ashlachal ummah

Abstrak


ABSTRAK

Ummah, Indah Ashlachal. Kontribusi Ekonomi Tenaga Kerja Lepas terhadap Pendapatan Keluarga Rumah Tangga Sentra Industri Tempe Sanan Kota Malang. Skripsi, JurusanGeografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Budijanto, Dr, M,Sos. (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd.

Kata kunci: kontribusi, ekonomi, tenaga kerja lepas, pendapatan, keluarga, rumah tangga, industri, tempe.

Kontribusi tenaga kerja lepas pada keluarga rumah tangga di Sentra Industri Tempe Sanan Kota Malang diketahui berdasarkan pada karakteristik sosial dan ekonomi karena di dalam dua karakteristik tersebut bisa diketahui tingkat kontribusi ekonomi tenaga kerja lepas. Karakteristik sosial yaitutingkat pendidikan terakhir, sedangkan karakteristik ekonomi merupakan bidang pekerjaan, industri tempat bekerja, jumlah upah per bulan, jumlah penghasilan keluarga yang diterima, dan jumlah kebutuhan keluarga yang dikeluarkan per bulan. Penelitian ini bertujuan mengetahuikontribusi tenaga kerja lepas pada keluarga rumah tangga di Sentra Industri Tempe Sanan Kota Malang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif.Metode penelitian yang digunakan survey, objek penelitian yaitukawasanSentra Industri Tempe Sanan Kota Malang pada RW 15 dan 16 Kelurahan Purwantoro. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yakni seluruh tenaga kerja lepas yang berjumlah 120 orang.Tekhnik analisis yang digunakan yaitu analisis tabulasi dan persentase.

Karakteristik sosial tenaga kerja lepas Sentra Industri Tempe Sanan Malang merupakan tingkat pendidikan terakhir. Jenjang pendidikan terakhir terbanyak yaitu tamat Sekolah Dasar sebanyak 54 orang atau 45%.Karakteristik ekonomi tenaga kerja lepas yang didapat yaitu upah, rata-rata kebutuhan yang dikeluarkan, dan pendapatan keluarga. Upah tenaga kerja lepas meliputi, 1) Upah tenaga kerja lepas pada bidang pembuatan tempeperbulan,2) Upahrata-rata tenaga kerja lepas pada bidang pemotongan tempeperbulan,3) Upah rata-ratatenaga kerja lepas padabidang menggoreng tempeperbulan, 4) Upah rata-rata tenaga kerja lepas pada bidang mengepak kripik tempe per bulan, dan 5) Upah rata-ratatenaga kerja lepas pada bidang distribusi kripik tempe dengan menggunakan kendaraan sendiri ataupun menggunakan fasilitas yang diberikan industri setiap bulannya. Rata–rata kebutuhan yang dikeluarkan yaitu  rata-rata kebutuhan hidup seluruh anggota keluarga rumah tangga tenaga kerja lepas dan pendapatan keluarga merupakan jumlah pendapatan anggota keluarga rumah tangga tenaga kerja lepas Industri Tempe Sanan Kota Malang.

Kontribusi ekonomi tenaga kerja lepas terhadap pendapatan keluarga rumah tangga Sentra Industri Tempe Sanan sebanyak 80 orang tenaga kerja lepas upahnya berkontribusi dalam kategori sangat baik pada pendapatan keluarga rumah tangganya, dan sebanyak 28 orang tenaga kerja lepas upahnya berkontribusi dalam kategori baik pada pendapatan keluarga rumah tangganya setiap bulan.Kelompok tenaga kerja lepas sebaiknya perlu diadakan paguyuban untuk meningkatkan poduktivitas mereka dan perlu adanya kerja sama dan antara pemilik industri, tenaga kerja lepas, dan pemerintah daerah.