SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN E-LEARNING MATERIAL MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X PADA TOPIK HIDROSFER DENGAN APLIKASI MOODLE

Bambang Setia Dharma

Abstrak


ABSTRAK

 

Dharma, Bambang Setia. 2014. Pengembangan E-Learning Material Mata Pelajaran Geografi Kelas X Pada Topik Hidrosfer dengan Aplikasi Moodle. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si              (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: E-Learning Materials, Moodle, Hidrosfer

 

Pendidikan geografi bertujuan membangun dan mengembangkan pemahaman siswa tentang gejala fisik dan sosial yang membentuk pola kehidupan di muka bumi. Materi hidrosfer yang disampaikan kepada siswa sangat banyak tetapi waktu yang tersedia relatif sedikit. Hal ini menyebabkan pembelajaran bersifat abstrak dan teoritis sehingga siswa menjadi kurang berminat untuk belajar dan guru cenderung kurang kreatif dalam menyampaikan materi. Guru hanya menyampaikan poin-poin materi saja dan mengakibatkan pemahaman siswa kurang maksimal. E-Learning berpengaruh pada proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital dan pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri tanpa terikat ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan e-learning material berbasis web aplikasi moodle pada topik hidrosfer  mata pelajaran geografi kelas X; (2) menguji kelayakan media e-learning material berbasis web aplikasi moodle pada topik hidrosfer mata pelajaran geografi kelas X.

Penelitian ini menggunakan metode Dick and Carey yang disesuaikan dengan tujuan pengembangan. Langkah-langkah yang digunakan hanya langkah ke-1 sampai ke-6 yang meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis karakteristik siswa, (4) merumuskan tujuan pembelajaran, (5) mengembangkan instrumen penelitian, dan (6) mengembangkan materi pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis presentase. Instrumen dalam penelitian berupa lembar validasi dan angket.

Hasil uji validasi media dan materi oleh dosen Universitas Negeri Malang. Pada penilaian media memperoleh skor sebesar 34 dengan kriteria ”sangat layak” dan skor penilaian materi sebesar 59 dengan kriteria ”sangat layak”.  Hasil uji terbatas pengguna (user) yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Blitar memperoleh kriteria ”layak”, karena 91,7% siswa menyatakan bahwa media pembelajaran e-learning material pada topik hidrosfer dengan aplikasi moodle layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif siswa secara mandiri tanpa terbatas ruang dan waktu. Selain itu, dengan media ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran menjadi lebih menarik dan variatif.