SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyebaran Negara Tujuan, Kondisi Pendidikan dan Tingkat Pendapatan TKW di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung.

UMI NUR KUMALA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Umi Nur Kumala. 2014. Penyebaran Negara Tujuan, Kondisi Pendidikan dan Tingkat Pendapatan TKW di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr, Ach Fatchan, M.Pd (2) Dr. Singgih Susilo, M. S., M. Si

 

Kata Kunci : Penyebaran Negara Tujuan, Kondisi Pendidikan, Tingkat Pendapatan TKW.

 

Rendahnya penyerapan tenaga kerja di dalam negeri terutama bagi wanita telah mendorong para pekerja wanita untuk mencari dan memanfaatkan kesempatan kerja di luar negeri. Umumnya wanita yang bekerja di luar negeri adalah wanita yang “bermasalah”. Mereka pasti memiliki masalah dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Kecamatan Rejotangan merupakan salah satu basis terbesar TKW yang berasal dari Kabupaten Tulungagung.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebaran negara tujuan, kondisi pendidikan dan tingkat pendapatan TKW di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis persentase. Data yang diperoleh ini merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diproleh dari wawancara dengan responden yang berjumlah 206 orang, sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor kepala desa satu kecamatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebaran negara tujuan TKW  paling tinggi di Kecamatan Rejotangan adalah Negara Taiwan dengan jumlah 54,85 persen. Sedangkan kondisi pendidikan masyarakat yang bekerja menjadi TKW di luar negeri paling tinggi yaitu tingkat SMA. Pendapatan terbanyak yaitu Rp. 3.000.000- Rp. 4.000.000/bulan.Kesimpulan penelitian ini adalah penyebaran negara tujuan dan tingkat pendapatan memiliki hubungan. Negara tujuan yang memiliki minat yang tinggi tentunya terdapat pendapatan yang tinggi pula sebagai daya tariknya. Saran bagi pemerintah adalah agar lebih menertibkan administrasi calon TKW agar ketika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi di luar negeri akan mudah dalam memberikan bantuan kepada TKW tersebut. Selain itu penyuluhan bagi ex TKW harus terus digalakkan oleh pemerintah agar nantinya TKW yang sudah pulang ke tanah air memiliki keterampilan serta dapat mengelola keuangannya sendiri sehingga hidupnya lebih sejahtera.