SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KONDISI SOSIAL, EKONOMI, DEMOGRAFI, DAN KESEJAHTERAAN TENAGA KERJA PETERNAKAN AYAM PETELUR DI KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR

Prayuda Satriya Graha

Abstrak


ABSTRAK

 

Graha, Prayuda Satriya. 2014. Kondisi Sosial, Ekonomi, Demografi, Dan Kesejahteraan Tenaga Kerja Peternakan Ayam Petelur Di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si, (2) Dr. I Nyoman Ruja, S.U.

 

Kata Kunci: Kondisi sosial, kesejahteraan, tenaga kerja, peternakan ayam petelur

 

Kondisi peluang kerja dibidang usaha peternakan menjadi prospek besar di Kabupaten Blitar. Populasi ayam petelur di Blitar menunjukan sebesar 1.126.400 ekor berdasarkan data tahun 2011. Besarnya jumlah peternakan ayam petelur berdampak pada banyak terserapnya tenaga kerja. Pendapatan di bidang peternakan ayam yang didapat tenaga kerja belum mencapai dari Standar Upah Minimum Regional masing-masing wilayah di kabupaten yakni sebesar Rp.1.000.000,00.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kesejahteraan tenaga kerja peternakan ayam petelur dengan menggunakan studi bersifat ex-post facto. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 77 orang, dikhususkan pada tenaga kerja peternakan yang masih aktif bekerja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis yang digunakan adalah tabulasi tunggal.

Hasil penelitian ini menunjukan sebuah kesimpulan bahwa pendidikan tenaga kerja rata-rata pada jenjang SD dengan kondisi kesejahteraan sebagian besar telah sejahtera, namun penjaminan keselamatan dan kesehatan belum diberikan secara keseluruhan, serta terdapatnya tenaga kerja di bawah umur. Pendapatan sebagian besar tenaga kerja masih dibawah UMR. Kondisi kesejahteraan yang berkaitan dengan keluarga masih tergolong keluarga pra sejahtera. Kondisi kesejahteraan tenaga kerja yang masih kurang memerlukan perhatian lebih dari pemerintah untuk peningkatan penjaminan dan pengawasan, utamanya pendapatan kerja yang sesuai UMR, kondisi bekerja, serta peningkatan kesejahteraan keluarga.