SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Kentang Di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo

FIRDAUS IBRAHIM YUNUS

Abstrak


ABSTRAK

 

Yunus, Firdaus Ibrahim. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Kentang Di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo: (1) Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd. M.Si (II) Drs. Mustofa, M,Pd

 

Kata Kunci: Pendapatan, Petani Kentang, Produktivitas,

 

Pertanian merupakan hal yang paling utama yang berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan masyarakat di Kecamatan Sukapuar Kabupaten Probolinggo. Hampir seluruh masyarakat bermata pencaharian sebagai petani, salah satu tanaman yang banyak ditanam adalah kentang. Data menunjukan bahwa tiap tahun ada peningkatan jumlah petani yang menanam kentang dan produktivitas kentang. Dilihat dari kontribusinya dalam pembentukan Produk Domestik Regional Bruto pada tahun 2008, sektor ini menyumbang sekitar 25% atau menempati urutan kedua setelah sektor perdagangan besar, eceran, rumah makan dan hotel. Hal tersebut mengakibatkan luas lahan dan jumlah petani kentang yang turut meningkat. Harga kentangpada tahun ini bisa dikatakan stabil.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapatan petani dan mendeskripsikan keterkaitan antara pendapatan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pertanian kentang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksposfacto dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini yakni petani yang memiliki usaha tani kentang.Sampel penelitian diambil dari tiga desa yang mewakili Kecamatan Sukapurayakni desa dengan jumlah petani terbanyak, sedang, dan paling sedikit.

Hasilpenelitianmenunjukan46% dari total 100 responden memiliki pendapatan yangterpusatpada10-15 juta rupiah/ha/panen.Pendapatan petani kentang rata-rata memenuhi dari UMR Kabupaten Probolinggo, Namun masih ada yang kurang dari UMR. Hal ini disebabkan karena harga kentang yang masih stabil. Faktor-faktor yang telah diuji menggunakan tabel persentase dan tabulasi silang didapatkan hasil sebagai berikut: (1) ada keterkaitan antara Produktivitas dan Teknik tanam terhadap Pendapatan petani (2) tidak ada keterkaitan antara Biaya produksi dan Mekanisme pemasaran terhadap Pendapatan petani kentang.