SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XIIPS MANMALANG I

FAIZATUL FITRIYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriyah, Faizatul. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas XI IPS MAN Malang I. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M. Pd, (II) Drs. Johanis Paluin Buranda, M. Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

 

Two Stay Two Stray merupakan salah satu bentuk pembelajaran di mana siswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari empat anggota yang mempunyai kemampuan akademis berbeda. Two Stay Two Stray menekankan pada pencarian dan pemberian informasi yang dilakukan antar anggota dalam kelompok maupun dengan kelompok lainnya. Siswa mendapat peran sebagai tamu atau penerima tamu, sehingga masing-masing anggota/siswa dapat mengemukakan buah pikiran/ide serta mempertimbangkan informasi yang paling tepat dari hasil kerja dalam kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MAN Malang I tahun ajaran 2013/2014.

Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang dikembangkan dengan menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Subjek penelitian ini kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih berdasarkan kemampuan akademik kedua kelas setara. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes esai yang terdiri dari lima soal.

Data yang didapatkan dari penelitian ini terdiri dari kemampuan awal siswa (prates), kemampuan akhir siswa (pascates), dan hasil belajar siswa (gain score). Hasil belajar diperoleh dari selisih antara nilai pascates dan prates. Gain score selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t tidak berpasangan (Independent Samples Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (23,28) lebih tinggi dari kelas kontrol (9,11). Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai p .000 lebih kecil daripada 0.05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MAN Malang I tahun ajaran 2013/2014.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi sekolah agar dapat menerapkan model Two Stay Two Stray untuk mata pelajaran lain yang materinya sesuai dengan model ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Bagi guru, pengelolaan waktu dan kelas perlu direncanakan dengan baik agar langkah-langkah model ini terlaksana dengan baik. Bagi peneliti selanjutnya, pembelajaran model Two Stay Two Stray perlu digunakan beberapa kali untuk mengetahui keefektifannya.