SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KONTRIBUSI PENDAPATAN TENAGA KERJA PENAMBANG PASIR TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA BAGO KECAMATAN PASIRIAN KABUPATEN LUMAJANG

Alvida Bagus Saputro

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputro, Alvida Bagus. 2014. Kontribusi Pendapatan Tenaga Kerja Penambang Pasir Terhadap Pendapatan Keluarga Di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: karakteristik tenaga kerja, aktivitas, kotribusi pendapatan

 

Keberadaan bahan galian golongan C menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang khususnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik sosial ekonomi dan demografi penambang pasir, mendeskripsikan karakteristik aktivitas penambang pasir, serta mendeskripsikan besarnya kontribusi pendapatan penambang pasir terhadap pendapatan keluarga di Desa Bago Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh penambang pasir di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Sampel responden yaitu 80 penambang dari jumlah total 296 penambang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan tabulasi tunggal.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) sebagian besar karakteristik penambang pasir di Desa Bago Kecamatan Pasirian berumur 35-46 tahun, berstatus menikah, tingkat pendidikan SD, dan beban tanggungan sebanyak 2-3 orang, jenis pekerjaan menaikkan dan meratakan pasir di atas truk, pendapatan 1.350.000,00, (2) aktivitas penambang pasir ini sebagian besar memiliki jam kerja 1 jam, lama kerja 7-10 tahun, sistem pengupahan harian, untuk menghemat biaya para penambang pulang ke rumah guna memenuhi kebutuhan makan dan minum, (3) sebagian besar responden menggunakan pendapatan mereka untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Sumbangan yang diberikan kepada keluarga rata-rata sebesar 46,10-63,65%. Berdasarkan hasil penelitian pemerintah daerah Kabupaten disarankan agar memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya pendidikan bagi masa depan, menyediakan penyalur tenaga kerja, sehingga mempermudah masyarakat khususnya Desa Bago untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dan memberikan pelatihan kepada penambang pasir pada suatu bidang, contohnya pembuatan kipas dari anyaman bambu, agar mereka memiliki pendapatan sampingan dan memiliki aktivitas yang menghasilkan ketika di sela-sela waktu menunggu giliran mereka bekerja.