SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Suplemen Bahan Ajar Mata Pelajaran Geografi Topik Bahasan Hidrosfer untuk Kelas X SMA

Syafrida Selfiardy

Abstrak


ABSTRAK

 

Selfiardy, Syafrida. 2014. Pengembangan Buku Suplemen Bahan Ajar Mata Pelajaran Geografi Topik Bahasan Hidrosfer untuk Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, (2) Dr. I Nyoman Ruja, S.U.

 

Kata Kunci: sumber belajar, suplemen, cerita bergambar, hidrosfer.

 

Pengembangan buku cerita bergambar untuk suplemen materi Hidrosfer ini dilatarbelakangi karena sedikitnya sumber belajar yang digunakan siswa untuk belajar materi Hidrosfer. Dalam Uji Publik Kurikulum 2013 dijelaskan bahwa dalam proses belajar, siswa diharuskan mengalami kegiatan belajar secara personal, artinya siswa harus mengalami proses belajar dengan diri sendiri. Mulai dari observasi (menyimak, melihat, membaca, mendengar), bertanya, asosiasi, menyimpulkan, dan mengkomu- nikasikan (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012). Kegiatan belajar secara personal tidak bisa dilakukan hanya pada jam mata pelajaran Geografi di sekolah. Sebab, waktu pelajaran Geografi di sekolah hanya tiga jam pelajaran per minggu. Jam pelajaran Geografi di sekolah tidak cukup untuk melakukan serangkaian kegiatan belajar personal. Diperlukan sumber belajar yang bisa digunakan siswa untuk belajar di luar jam pelajaran Geografi di sekolah.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membuat buku suplemen sebagai bahan bacaan tambahan dari buku teks. Buku suplemen yang berupa buku cerita bergambar diharapkan mampu membantu siswa untuk mengoptimalkan kegiatan belajar secara personal, sehingga siswa mudah memahami materi Hidrosfer.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasil-kan produk. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg&Gall yang memiliki tahapan identifikasi Kompetensi Dasar, identifikasi dan analisis materi ajar, desain buku suplemen, prototipe buku suplemen, validasi produk, revisi, uji lapangan, dan produk akhir.

Berdasarkan hasil validasi, buku suplemen ini layak (valid) untuk dijadikan sebagai buku suplemen materi Hidrosfer yang bisa digunakan siswa untuk belajar. Hasil uji coba buku suplemen pada 26 subjek uji coba di SMA Negeri 6 Malang menunjukkan angka persentase 82,7%, artinya buku suplemen hidrosfer ini sangat layak dijadikan sebagai sumber belajar tambahan selain buku teks.

Disarankan apabila melakukan penelitian pengembangan yang akan datang hendaknya penelitian dilakukan lebih dari satu kali uji coba lapangan agar diperoleh produk yang lebih layak/menarik untuk digunakan di kegiatan belajar siswa. Selain itu, untuk menghasilkan produk lebih valid/layak dan lebih menarik, proses uji coba hendaknya dilakukan lebih dari satu kali.