SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TRANSFORMASI TENAGA KERJA DARI SEKTOR PERTANIAN KE SEKTOR PERDAGANGAN DI KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG

Syamsul Musthofa

Abstrak


ABSTRAK

 

Musthofa, Syamsul. 2014. Transformasi Tenaga Kerja dari Sektor Pertanian ke Sektor Perdagangan di Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani W, M. Si (II) Ardyanto Tanjung, S. Pd. M. Pd

 

Kata Kunci: transformasi tenaga kerja, sektor pertanian, sektor perdagangan

 

Kecamatan Diwek merupakan salah satu wilayah agraris, yaitu daerah penghasil padi dan tebu di Kabupaten jombang. Hal tersebut membuat mayoritas penduduk Kecamatan Diwek banyak yang bermata pencaharian dari sektor pertanian. Berdasarkan BPS Kabupaten Jombang 2013, Kecamatan Diwek mengalami penurunan jumlah tenaga kerja di sektor pertanian dari tahun 2009 sebesar 15.814 orang menjadi 6.216 orang di tahun 2012. Penurunan tersebut berkaitan dengan pendapatan sektor pertanian yang rendah. Sehingga banyak dari penduduk yang melakukan transformasi dari sektor pertanian ke sektor perdagangan. Sektor perdagangan menjadi alternatif mata pencaharian yang banyak dipilih dikarenakan lebih menguntungkan dibandingkan sektor pertanian.

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan karakteristik kondisi sosial ekonomi dan demografi tenaga kerja yang mempengaruhi terjadinya transformasi tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor perdagangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan  metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 96 responden. Analisis yang digunakan berupa tabulasi tunggal, tabulasi silang dan uji korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan terjadi transformasi tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor perdagangan. Hasil tersebut sebagai berikut: (1) karakteristik kondisi tenaga kerja di Kecamatan Diwek adalah sebagian besar berpendidikan SD, termasuk dalam umur produktif, sudah menikah, memiliki rumah sendiri, mempunyai beban tanggungan rata-rata 2 jiwa dengan pendapatan yang cukup serta mempunyai karakteristik pekerjaan di sektor perdagangan yang bervariasi. (2) ada korelasi antara pendapatan, beban tanggungan dan kepemilikan luas lahan dengan transformasi tenaga kerja. (3) tidak ada korelasi antara umur dan pendidikan dengan transformasi tenaga kerja. Kesimpulan dari penelitian ini  adalah terjadi transformasi tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor perdagangan di Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Berkaitan dengan karakteristik umum responden bahwa pemerintah daerah hendaknya meninjau kesejahteraan kehidupan penduduknya khususnya pada tenaga kerja sektor pertanian.