SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KARAKTERISTIK DEMOGRAFI SOSIAL EKONOMI TENAGA KERJA INDUSTRI TAPE DI KABUPATEN BONDOWOSO

FITRIA RAHMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Fitria. 2014. Karakteristik Demografi Sosial Ekonomi Tenaga Kerja Industri Tape di Kabupaten Bondowoso. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si (II) Drs. Mustofa. M.Pd

 

Kata Kunci :  karakteristik, tenaga kerja, industry

 

Kabupaten Bondowoso terletak di bagian timur Propinsi Jawa Timur. Proporsi penggunaan lahan di Kabupaten Bondowoso paling banyak digunakan untuk tegalan. Sebagian besar tegalan dimanfaatkan untuk menanam ubi kayu. Hasil produksi ubi kayu yang melimpah dan berkualitas unggul digunakan sebagai bahan baku pada industri tape. Adanya industri tape menguntungkan bagi masyarakat karena mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang tidak sedikit. Namun, terdapat kendala yang cukup serius pada industri tape, terkait dengan masalah eksternal dan internal. Faktor internal khususnya sumber daya manusia pun harus diperhatikan. Karena perkembangan industri tape Bondowoso juga dipengaruhi oleh kualitas tenaga kerjanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik demografi, sosial, dan ekonomi tenaga kerja. Karakteristik yang ditemukan pada penelitian ini berguna untuk mensinergikan antara upaya pengembangan industri tape dengan perbaikan kualitas tenaga kerja di dalam industri.

Penelitian ini dirancang dengan desain deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode survey dengan sampel sebanyak 65 orang. Teknik pengambilan data adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilengkapi dengan kuesioner. Hasil dari data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan tabulasi tunggal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik demografi tenaga kerja industri sebagian besar berjenis kelamin laki-laki dalam usia produktif berstatus menikah dan memiliki beban tanggungan dalam keluarganya sebanyak dua orang. Sementara itu, karakteristik sosial tenaga kerja industri tape secara umum berpendidikan rendah dan bekerja di bawah tujuh jam per hari, serta telah cukup lama bekerja pada industri tersebut. Karakteristik ekonomi sebagian besar menjadikan industri tape sebagai pekerjaan pokok. Penelitian ini menghasilkan tiga saran terkait dengan kondisi sosial, ekonomi dan demografi yang telah diketahui karakteristiknya.