SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Geografi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS SMA Taman Madya Malang

Fitriya In Wulan Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Fitriya In Wulan. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Geografi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS SMA Taman Madya Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran mind mapping, motivasi belajar, kemampuan berpikir kreatif

 

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Permasalahan yang sering muncul kaitannya dengan pendidikan yaitu rendahnya kualitas guru, strategi pembelajaran yang kurang tepat, rendahnya kualitas buku pelajaran, dan rendahnya sarana fisik. Seluruh elemen pendidikan mengalami permasalahan yang sama termasuk SMA Taman Madya Malang yang merupakan salah satu elemen pendidikan yang berfungsi menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Taman Madya Malang menunjukkan adanya kesenjangan yang menyebabkan permasalahan baru. Permasalahan yang terjadi salah satunya mengenai rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa rata-rata motivasi belajar siswa 52,5. Sedangkan rata-rata nilai berpikir kreatif siswa dari 38 siswa adalah 50,6. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Berdasarkan permasalahan tersebut rumusan masalah pada penelitian ini yaitu ”apakah model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar geografi dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Taman Madya Malang?”.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Taman Madya Malang dengan subjek penelitian kelas XI IPS SMA Taman Madya Malang dengan jumlah 38 siswa. Data dalam penelitian ini adalah motivasi belajar geografi dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan rata-rata hasil motivasi dan kemampuan berpikir kreatif pra tindakan dengan siklus I dan siklus II dengan menggunakan tabel dan grafik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar geografi dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil analisis data tentang motivasi belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan 52,5 menjadi 70,7 pada siklus dan dari siklus I 70,7 menjadi 83,1 pada siklus II. Sedangkan hasil analisis kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan bahwa dari pra tindakan 50,6 menjadi 64,1 pada Siklus I dan dari Siklus I 64,1 menjadi 75,5 pada Siklus II. Berdasarkan paparan tersebut dapat dikatakan bahwa pemberian tindakan berhasil karena peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa sudah tercapai.