SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Prediksi Laju Erosi Dengan Menggunakan Model Water Erosion Prediction Project (WEPP) Di DAS Krecek Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Eka Wati

Abstrak


ABSTRAK

 

Wati, Eka. 2014. Prediksi Laju Erosi Dengan Menggunakan Model Water Erosion Prediction Project (WEPP) Di DAS Krecek Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Skripsi, Jurusan Geografi FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didik Taryana, M.Si, (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

 

Kata Kunci: Laju erosi, model WEPP, Plot Erosi, uji validasi

 

Perubahan alih fungsi lahan hutan menjadi tegalan yang terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) menyebabkan hilangnya lapisan atas tanah (top soil) akibat terjadinya erosi. Proses Erosi terdiri dari pelepasan, pemindahan dan pengendapan di sekitar DAS sehingga menyebabkan kerusakan lapisan tanah. Lokasi penelitian terletak di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Lahan yang diteliti pada daerah ini berupa hutan dan tegalan.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui nilai validasi model WEPP dan memprediksi besar laju erosi menggunakan model WEPP di DAS Krecek Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Serta, untuk memprediksi laju erosi dalam satu tahun (1 year simulation).

Menggunakan penelitian survey. Data primer berupa sampel tanah, curah hujan harian, hasil erosi, panjang dan kemiringan lereng. Sedangkan data sekunder berupa peta administrasi, data statistik, RTRW, dan data curah hujan Kecamatan Bumiaji tahun 2004-2013. Titik sampel ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu sampel yang dipilih sesuai dengan pertimbangan dan tujuan penelitian itu sendiri. Penentuan titik sampel berdasarkan atas alih fungsi lahan hutan menjadi tegalan terjadi. Lokasi penelitian berada di tiga titik, yaitu Titik 1 pada kemiringan 1,67 % dengan penggunaan lahan hutan, Titik 2 pada kemiringan 1,39% dan Titik 3 pada kemiringan 3,89% dengan tanaman yang sama yaitu brokoli.

Hasil penelitian menunjukkan dua kesimpulan yaitu. Pertama, Nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,007 pada titik 1; 0,000 pada titik 2 dan 0,000 pada titik 3. Nilai signifikan < 0,05 dikatakan valid, sehingga dari nilai signifikansi yang diperoleh dari analisis regresi tersebut model yang diajukan, yaitu WEPP dinyatakan valid. Kedua, Hasil prediksi laju erosi pada DAS Krecek selama satu tahun (1 year simulation) sebesar 3,711 kg/m2/tahun di Titik 1; 5,535 kg/m2/tahun di Titik 2, dan 5,595 kg/m2/tahun di Titik 3. Model WEPP ini sesuai diterapkan di DAS Krecek.