SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Objek Wisata Pantai Lombang Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Lombang Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep

WINA APRILIYANTI ROMADHANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Romadhani, Wina Apriliyanti. 2014. Kontribusi Objek Wisata Pantai Lombang Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Lombang Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D (II) Drs. Yusuf Suharto M. Pd

 

Kata kunci: sosial, ekonomi dan pariwisata

 

Pantai Lombang merupakan salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep. Pantai Lombang terletak 30 km sebelah utara Kabupaten Sumenep. Tingkat pendapatan masyarakat tergolong masih rendah. Pengembangan objek wisata Pantai Lombang dapat memberikan peluang kerja sampingan sehingga memberikan kontribusi terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Lombang. Berdasarkan latar belakang di atas, perlu dilakukan penelitian terhadap objek wisata Pantai Lombang.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi objek wisata Pantai Lombang terhadap kondisi sosial ekonomi masayarakat Desa Lombang. Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek studi penelitian adalah masyarakat sekitar objek wisata Pantai Lombang di Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep. Populasi dari penelitian ini adalah kepala keluarga yang terkait langsung dengan objek wisata Pantai Lombang yang tersebar di Dusun Pandian dan Pakembangan. Teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan mata pencaharian dilihat dari perubahan curahan jam kerja dalam sehari dari 1 sampai dengan 5 jam menjadi 1 sampai dengan 8 jam sehari. Kontribusi terhadap pendidikan anak responden 14. Kontribusi objek wisata terhadap pendapatan keluarga sebesar 0-14,58 sebanyak 7%. Sebanyak 43% responden mendapatkan kontribusi sebesar 14,58- 29,16. Sebanyak 10% responden mendapatkan 29,16-43,74. Sebanyak 17% responden mendapatkan 43,74-58,32. Sebanyak 7% responden mendapatkan 58,32-72,90. Sebanyak 10% responden mendapatkan 72,90-87,50.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan Desa Lombang dapat memanfaatkan kesempatan kerja dibidang pariwisata dan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata untuk mengelola objek wisata Pantai Lombang, sehingga manfaat yang didapatkan secara optimal. Harapan masyarakat dengan adanya objek wisata Pantai Lombang dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar.