SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media untuk Mata Pelajaran Geografi dalam Materi Pola Persebaran dan Interaksi Spasial antara Desa dan Kota untuk Kelas XII SMA/MA

Anyza Fitria Ningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrum, Anyza Fitria. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Materi Pola Persebaran Dan InteraksiSpasial Antara Desa Dan Kota Mata Pelajaran Geografi  Untuk Kelas XII SMA/MA. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Djoko Soelistijo, M. Si (2) Drs. Mustofa, M.Pd

 

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Analisis media yang sudah ada untuk dikembangkan dengaan menyesuaikan materi dan mengembangkan media untuk menyempurnakan media pembalajaran tersebut. Hasil analisis media menyebutkan dengan beberapa kekurangan, yaitu: 1) tampilan layar kurang lebar dan tidak ada background yang menarik; 2) kurang variasi pada tampilan media yaitu hanya beberapa menu yang idsediakan; 3) kurang adanya variasi soal; 4) materi yang tertera kurang mencakut KD yang ada; 5) tidak terdapat video yang mendukung; 6) animasi yang masih belum menjelaskan pola persebaran; 7) tidak ada musik yang mengiringi media. Dengan demikian, pengembangan ini mengangkat judul Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Materi Pola Persebaran Dan InteraksiSpasial Antara Desa Dan Kota Mata Pelajaran Geografi  Untuk Kelas XII SMA/MA.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran geografi berbasis multimedia dalam materi pola persebaran dan interaksi spasial antara desa kota, yang telah melalui proses validasi sehingga dinyatakan layak sebagai alternatif multimedia pembelajaran yang mandiri.

Model penelitian pengembangan ini menggunakan model procedural yaitu model yang bersifat diskriptif yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Salah satu model penelitian prosedural yaitu Borg & Gall yang mengemukakan 10 langkah yang harus ditempuh untuk melaksanakan penelitian pengembangan.  Namun, pada penelitian ini hanya menggunakan tujuh langkah penelitian, yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi; 2) Perencanaan; 3) Mengembangkan jenis produk awal; 4)Uji coba awal; 5) Revisi Produk; 6) Uji coba lapangan kecil; 7) Revisi produk operasional.

Hasil validasi ahli materi, media, dan bahasa menyatakan valid dan dapat digunakan. Hasil validasi juga terdapat diskripsi kekurangan dan saran perbaikan untuk lebih menyempurnakan media pembelajaran. Hasil uji lapangan kecil disilmpulkan dengan angket dan uji pengetahuan siswa. Angket ini berisikan diskripsi kekurangan dan saran perbaikan, dengan hasil tes pengetahuan 87,05 yang menunjukkan media pemeblajaran geografi ini layak digunakan dalam pembelajaran geografi. Saran kepada guru khususnya, untuk menggunakan media pembelajaran