SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Objek Wisata Pantai Serang Terhadap Perluasan Lapangan Kerja Dan Kesempatan Kerja Serta Tingkat Pendapatan Masyarakat Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar

Aghis Khoiru Umam

Abstrak


ABSTRAK

 

Umam, Aghis Khoiru. 2014. Kontribusi Objek Wisata Pantai Serang Terhadap Perluasan Lapangan Kerja Dan Kesempatan Kerja Serta Tingkat Pendapatan Masyarakat Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang Pembimbing: (I) Drs. Mustofa, M.Pd , (II) Drs. Yusuf Suharto. M.Pd

 

Kata Kunci: Wisata, Pekerjaan, Pendapatan

 

Desa Serang merupakan desa yang memiliki kawasan pantai yang sudah dikembangkan menjadi objek wisata umum di Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Pantai Serang mempunyai tarif murah dan didukung aksesbilitas yang mudah, seharusnya objek wisata ini mampu mendatangkan wisatawan yang banyak, dan bisa memberikan kontribusi yang lebih kepada masyarakat sekitar, namun pada kenyataannya justru menunjukkan keadaan yang menggambarkan bahwa penduduk di sekitar Pantai Serang masih belum bisa mengandalkan objek wisata Pantai Serang tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan besarnya kontribusi objek wisata Pantai Serang terhadap perluasan lapangan kerja dan kesempatan kerja serta tingkat pendapatan masyarakat di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian survey yang bersifat expost-facto dengan menggunakan metode wawancara. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Analisis data penelitian ini adalah tabulasi tunggal kemudian dinarasikan kembali menjadi narasi yang bermakna. Isi narasi mendeskripsikan tentang kondisi lapangan kerja, tingkat pendapatan, dan perluasan lapangan kerja akibat dibukanya Pantai Serang sebagai objek wisata.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kontribusi jenis pekerjaan setelah dikembangkannya objek wisata Pantai Serang terdapat 5 jenis pekerjaan terkait objek wisata dengan jumlah 12 orang kepala keluarga. 2) Kontribusi objek wisata terhadap pendapatan masyarakat Desa Serang setelah dikembangkannya Pantai Serang adalah sebesar Rp. 4.220.000. Jadi besar kontribusi objek wisata Pantai Serang terhadap pendapatan masyarakat Desa Serang jika dipersentasekan sebesar 1,94%.