SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Lengkeng Pingpong (Euphoria longana) di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang

Rizki Wahdinia Oktaviana

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktaviana, Rizki Wahdinia. 2014. Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Lengkeng Pingpong (Euphoria  longana) di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M. Si, (II) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si, M.Si.

 

Kata kunci: evaluasi, kesesuaian lahan, Lengkeng Pingpong

 

Kecamatan Tumpang merupakan sentra produksi tanaman lengkeng di Pulau Jawa. Namun, setiap tahun produksinya semakin menurun. Hal ini karena umur dari pohon lengkeng semakin tua dan tidak seproduktif dulu. Sedangkan masyarakat tidak melakukan pembaharuan dan penanaman lagi. Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang pada tahun 2010 di Kecamatan Tumpang terdapat 3700 pohon lengkeng dengan hasil produksi 92,5 ton dan pada tahun 2013 menurun drastis menjadi 622 pohon dengan hasil produksi 15,5 ton. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui karakteristik lahan untuk tanaman Lengkeng Pingpong (Euphoria longana) di Kecamatan Tumpang, dan (2) Mengetahui karakteristik lahan di Kecamatan Tumpang sesuai untuk tanaman Lengkeng Pingpong (Euphoria longana).

Penelitian ini menggunakan metode survei. Data yang diperlukan berupa primer dan sekunder. Data primer meliputi tingkat bahaya erosi, bahan kasar, kedalaman efektif tanah, drainase, singkapan batuan, kemiringan lereng, tekstur tanah, KTK liat, pH, dan C-organik. Data sekunder meliputi curah hujan, suhu udara,  kelembaban, peta administrasi, peta jenis tanah, peta kemiringan lereng, dan Peta Geomorfologi Kecamatan Tumpang. Teknik pengambilan sampel  menggunakan purposive sampling dari hasil tumpang susun 3 peta yaitu peta jenis tanah, peta kemiringan lereng, dan Peta Geomorfologi Kecamatan Tumpang. Analisis data menggunakan metode matching atau pembandingan antara karakteristik lahan dengan syarat tumbuh tanaman Lengkeng Pingpong yang akan menghasilkan kelas kesesuaian lahan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pada satuan lahan V.3.b  memiliki tingkat kesesuaian lahan sesuai marginal dengan faktor pembatas bahaya erosi (S3eh). Satuan lahan F.3.c  memiliki tingkat kesesuaian cukup sesuai dengan faktor pembatas ketersediaan air (S2wa). Sedangan satuan lahan V.3.c dan V.6.d memiliki tingkat kesesuaian lahan cukup sesuai dengan faktor pembatas ketersediaan air, retensi hara, dan bahaya erosi (S2wa, S2nr, S2eh).