SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Kamus Geografi Digital Sebagai Sumber Belajar

Febri Eka Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Febri Eka. 2014. Pengembangan Kamus Geografi Digital Sebagai Sumber Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, (II) Satti Wagistina, S.P, M.Si.

 

Kata kunci: Sumber belajar, kamus geografi digital

 

Aplikasi teknologi di dunia pendidikan dapat dilakukan dengan memanfaatkan multimedia dalam proses pembelajaran, salah satunya memanfaatkan teknologi untuk membangun sebuah sumber belajar digital. Beberapa mata pelajaran saat ini terdapat banyak istilah yang sulit diingat dan dimengerti, terutama pelajaran geografi.

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengembangkan sumber belajar kamus geografi digital. Sumber belajar ini diharapkan dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami istilah yang terdapat pada pelajaran geografi.

Model pengembangan sumber belajar ini meliputi beberapa tahap yaitu: (1) Identifikasi kebutuhan yang terdiri dari analisis istilah geografi. (2) Desain produk yang terdiri dari pemilihan sumber kamus geografi dan rancangan layout tampilan. (3) Prototipe. (4) Validasi yang terdiri dari dua subjek validator yaitu ahli materi dan ahli bahasa. (5) Uji coba produk oleh satu kelas siswa. (6) Produk akhir berupa CD sumber belajar kamus geografi digital. Data penelitian bersifat kualitatif yang diperoleh dari uji validasi produk oleh ahli materi dan ahli bahasa serta data bersifat  kuantitatif yang diperoleh dari subjek uji coba oleh siswa di sekolah. Instrumen pengumpulan data berupa angket, data dari subjek validasi digunakan untuk mengetahui saran dari para ahli, sedangkan data dari subjek uji coba oleh siswa dianalisis dengan teknik diskriptif persentase.

Hasil uji coba diketahui bahwa sumber belajar ini layak dengan nilai 84%. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, disimpulkan bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar di sekolah. Beberapa saran dari hasil penelitian ini antara lain: (1) Disarankan guru dapat mengarahkan siswa untuk menggunakan sumber belajar kamus geografi digital, ketika siswa mengalami kesulitan dalam mengartikan istilah geografi. (2) untuk peneliti lanjutan, disarankan untuk mengembangkan kamus geografi digital yang memiliki fasilitas search engine, melengkapi istilah-istilah geografi, dan menambah video yang dapat menambah pemahaman siswa.