SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X-A MAN TLOGO KABUPATEN BLITAR

Titik Khusnawiyati

Abstrak


ABSTRAK

 

Khusnawiyati, Titik. 2014. Penerapan Model Pembelajaran  Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Kemampuan Berfikir Kreatif  Mata Pelajaran  Geografi Siswa Kelas X-A Man Tlogo Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si (2) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran Jigsaw, keaktifan belajar, kemampuan berpikir kreatif.

 

Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di MAN Tlogo Kanigoro Blitar, diketahui bahwa keaktifan belajar dan kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Geografi dapat dikatakan cenderung rendah. Hal inidisebabkan model pembelajaran ceramah yang tidak melibatkan siswa secara aktif akan menjadikan siswa kurang aktif dan kreatif. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi rendahnya keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah model pembelajaran Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar kemampuan berpikir kreatif matapelajaran Geografi siswa di kelasX-A MAN Tlogo Kanigoro Blitar.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiridari 2 siklus, siklus pertama dilaksanakan1 pertemuan dan siklus 2 juga dilaksanakan 1 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi danrefleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas X-A dengan jumlah siswa 39 orang. Data dalam penelitianini berupa keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen yang diberikan yaitu lembar observasi keaktifan dan soal kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran Geografi kelas X-A MAN Tlogo Kanigoro Blitar. Rata- rata nilai keaktifan siklus I adalah 66,00 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 74,90. Sedangkan nilai tes kemampuan berpikir kreatif siswa pratindakan adalah 61,03 mengalami peningkatan menjadi 74,70. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua kesimpulan sebagaiberikut. 1) Pembelajaran model Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X-A MAN Tlogo Kanigoro Blitar, 2) pembelajaran model Jigsaw dapat meningkakan. Kemampuan berpikir kreatif siswakelas X-A MAN Tlogo Kanigoro Blitar.

Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan model pembelajaran Jigsaw dapat dijadikan alternatif  model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa serta dapat dijadikan landasan untuk melakukan penelitian sejenis di masa mendatang.