SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kualitas Tes Sumatif Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Ponorogo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013

Yeni Margawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Margawati, Yeni. 2014. Analisis Kualitas Tes Sumatif Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Ponorogo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd. (II) Drs. Mustofa, M.Pd.

 

Kata kunci: validitas soal, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, analisis opsi pilihan ganda

 

Pembelajaran memiliki beberapa komponen di antaranya bahan ajar, metode, media pembelajaran, dan alat evaluasi. Salah satu alat atau instrumen yang digunakan sebagai sarana evaluasi di sekolah adalah tes. Tes dikategorikan baik apabila berfungsi sebagai alat ukur. Soal Tes Sumatif Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Ponorogo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013 belum pernah diujicobakan dan dianalisis sehingga belum diketahui kualitas soalnya. Berdasarkan observasi awal, ditemukan beberapa kelemahan, dari segi bahasa terdapat kesalahan pengulangan kata, penulisan tanda baca, dan penulisan istilah asing. Selain itu terdapat soal yang diulang dua kali dan opsi kunci jawaban yang salah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas soal Tes Sumatif Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IPS SMA yang meliputi validitas kurikuler, validitas bahasa, validitas item, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, dan kualitas opsi pilihan ganda.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain ”analisis isi” bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif, sistematis, dan komunikatif isi komunikasi yang tampak”. Variabel dalam penelitian ini adalah validitas kurikuler, validitas bahasa, validitas item, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, dan kualitas opsi pilihan ganda. Objek dalam penelitian ini adalah dokumen yang berupa: (1) soal Tes Sumatif Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Ponorogo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) lembar jawaban siswa, (3) tabulasi skor jawaban siswa, (4) kisi-kisi soal, dan (5) silabus.

Hasil penelitian ini adalah soal Tes Sumatif Mata Pelajaran Geografi dengan kode soal A soal Tes Sumatif Mata Pelajaran Geografi dengan kode soal A memiliki validitas kurikuler yang valid, validitas bahasa kurang valid, validitas item jelek, tingkat kesukaran jelek, daya beda jelek, tergolong reliabel, dan memiliki opsi yang jelek. Sedangkan soal Tes Sumatif Mata Pelajaran Geografi dengan kode soal B memiliki validitas kurikuler yang valid, validitas bahasa kurang valid, validitas item jelek, tingkat kesukaran jelek, daya beda jelek, tergolong reliabel, dan memiliki opsi yang jelek.

Saran dapat diberikan kepada guru antara lain merevisi soal Sumatif Geografi kode A yang kurang baik yaitu nomor 18, 20, 21, 22, 24, 25, 26, 27, 29, 30, 31, 33, 34, 37, 38, 39, 42, 43, dan 44, merevisi soal Sumatif Geografi kode B yang kurang baik yaitu nomor 1, 2, 3, 4, 11, 13, 17, 18, 20, 22, 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33, 34, 37, 38, 40, 41, 42, dan 44, menganalisis soal sebelum mengujikan ke siswa, membuat soal dan kunci jawaban yang benar agar tidak merugikan siswa, dan membuat bank soal yang berisi kumpulan soal-soal sumatif geografi yang telah dianalisis.