SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X – I Man Tlogo Kanigoro Kabupaten Blitar.

Yeni Maulana Nilasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Nilasari, Yeni Maulana. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X – I Man Tlogo Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto S.H, M.Pd, M.Si (2) Drs. Bagus Wiwoho, S.Si, M.si.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD), Minat Belajar, dan Hasil Belajar.

 

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2013 di Kelas X – I MAN Tlogo Kanigoro Kabupaten Blitar terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebutberasal baik dari segi kondisi siswa, segi guru, segi strategi pembelajaranya dan kondisi sekolah. Berdasarkan hasil observasi juga diketahui bahwa minat belajar pada kelas X–I rendah. Hal ini terlihat saat pembelajaran beberapa siswa yang duduk di deretan belakang kurang fokus dan tidak aktif atau kurang berpartisispasi dalam pembelajaran, tidak hanya minat yang rendah tetapi hasil belajar siswa di kelas X – I juga rendah. Hal ini diketahui dari nilai pra tindakan kelas X – I rata-rata nilainya 68,1 atau sekitar 14 siswa yang tuntas sesuai SKM yang ditentukan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dengan menggunakan model STAD. Penelitian dilakukan di MAN Tlogo Kanigoro Kabupaten Blitar dengan subyek kelas X - I MAN Tlogo Kanigoro Kabupaten Blitar yang jumlah siswanya sebesar 40 orang. Data dalam penelitian ini adalah data minat siswa dan data hasil belajar siswa. Pengumpulan data untuk minat dilakukan dengan memberikan lembar angket dan data hasil belajar dengan memberikan tes. Analisis data dilakukan dengan membandingkan rata-rata minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tabel dan grafik.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas X –I MAN Tlogo Kanigoro Kabupaten Blitar. Rata-rata nilai minat belajar pra tindakan sebesar 72,75. Ini mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pasca tindakan menjadi sebesar 85,35. Sejalan dengan minat, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Dari nilai hasil belajar pra siklus sebesar 68,1 meningkat pada siklus I sebesar 74,65. Peningkatan tersebut sebesar 6,55. Dari siklus I (74,65) ke siklus II (85,95) juga rata-rata nilai siswa  meningkat sebesar 11,3. Berdasarkan paparan tersebut dapat dikatakan bahwa pemberian tindakan dengan model STAD ini berhasil karena adanya peningkatan pada minat maupun hasil belajar di kelas X – I MAN Tlogo Kanigoro Kab. Blitar.