SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA GEOPARK GUNUNG SEWU DI KABUPATEN PACITAN

Hana Widawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Widawati, Hana. 2014. Persepsi dan Partisipasi Masyarakat pada Geopark Gunung Sewu di Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. I Komang Astina, M.Si, (2) Drs. Soetjipto TH., M.Pd.

 

Kata Kunci: Persepsi masyarakat, partisipasi masyarakat, Geopark Gunung Sewu

 

Pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Pacitan memilki arti yang sangat penting dan strategis. Perencanaan pengembangan pariwisata di Kabupaten Pacitan mengedepankan wisata ekologis melalui pengembangan geopark (geological park) sebagai objek geowisata. Konsep pengembangan geoparkdidasarkan pada aspek konservasi, pendidikan, ekonomi, dan keterlibatan masyarakat setempat.Pengembangan Gunung Sewu di Kabupaten Pacitan sebagai kawasan geopark masih mengalami beberapa kendala. Hal ini terbukti dengan gagalnya Geopark Karst Pacitan sebagai anggota Global Geopark Network yang diajukan ke UNESCO pada tahun 2009. Selain itu, cakupan wilayah geopark yang sangat luas mengakibatkan upaya sosialisasi dan promosi yang dilakukan pemerintah daerah menjadi sangat lambat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai persepsi dan partisipasi masyarakat pada Geopark Gunung Sewu di Kabupaten Pacitan. Rancangan penelitiannya adalah penelitian deskriptif dan termasuk dalam penelitian survei dengan responden sebanyak 100KK masyarakat di Desa Sendang dan Desa Bomo, Kabupaten Pacitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabulasi tunggal untuk mndeskripsikan dan menganalisis persepsi dan partisipasi masyarakat.

Hasil penelilitan menunjukkan persepsi masyarakat sekitar situs gua terhadap geopark lebih baik dibandingkan dengan masyarakat di sekitar situs pantai. Persepsi yang diukur melalui pengetahuan, penilaian, dan kesediaan masyarakat ini dipengaruhi oleh beberapa hal yakni karakter masyarakat, pendidikan, pekerjaan, aksesibilitas, dan informasi. Pada variabel partisipasi, masyarakat di sekitar situs gua maupun pantai sudah ikut berpartisipasi di dalam kegiatan geopark baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini tidak lepas dari nilai-nilai geoapark yang secara alami tumbuh di masyarakat

Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi pemerintah untuk meningkatkan informasi baik melalui sosialisasi dan promosi mengenai geopark sehingga dapat menjangkau seluruh masyarakat yang berada dalam kawasan geopark. Selain itu, masyarakat diharapkan untuk selalu berpartisipasi secara optimal dalam  pemanfaatan sumber daya alam dan upaya konservasi pada Geopark Gunung Sewu di Kabupaten Pacitan sehingga kelestarian kawasan tetap terjaga dan dapat mendukung perekonomian masyarakat setempat.