SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Lingkungan Hidup Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas XI

Rendra Zainal Maliki

Abstrak


ABSTRAK

 

Maliki, Rendra Zainal. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Lingkungan Hidup Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas XI.Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si., (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, CD pembelajaran interaktif, lingkungan hidup

 

Media pembelajaran dengan pokok bahasan lingkungan hidup pada mata pelajaran geografi di SMA kelas XI masih terbatas pada media cetak berupa buku teks dan LKS.Media yang berbentuk CD pembelajaran masih terbatas pembuatnya sehingga sulit diperoleh.Untukitu, diperlukan pengembangan media pembelajaran padapokok bahasan lingkungan hidup. Alasan dipilihnya media pembelajaraninteraktif ini adalahuntukmenarikminatbelajarsiswa dalam mengikuti pelajaran dan mempermudah pemahaman siswa pada pembelajaran geografi di kelas sehingga masing-masing individu dapat belajar secara optimal.Dipilihnya materi lingkungan hidup karena belum ada pengembangan media yang berupa CD pembelajaran interaktif untuk materi tersebut.

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang memenuhi kriteria sebagai media yang valid pada materi lingkungan hidup.Media ini dikembangkan dengan menggunakan program Adobe Flash CS3 yang merupakan program flash yang dapat menggabungkan teks, gambar, peta, video, dan animasi yang dapat menampilkan media pembelajaran yang menarik.

Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif.Model prosedural adalah model deskriptif yaitu menggambarkan alur atau langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk tertentu.Model yang akan dikembangkan adalah mengacu pada model Research and Development (R&D) yang terdiri dari perumusan tujuan pembelajaran, analisis materi, perancangan media, editing, prototype, validasi media, ujicoba media, dan produk akhir. Data penelitian bersifat data kualitatif yang di peroleh dari validasi ahli, serta data kuantitatif yang di peroleh dari uji coba produk di sekolah.Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase.

Berdasarkan hasil validasi diketahui bahwa media ini ”layak” (valid) untuk di lanjutkan sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba media pada siswa di peroleh nilai 84% dengan kriteria ”sangat layak”. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut, disimpulkan bahwa produk layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.Disarankan apabila akan melakukan penelitian pengembangan yang akan datang hendaknya penelitian dilakukan lebih darisatu kali untuk menghasilkan produk yang lebih valid/layak dan lebih menarik proses ujicoba.