SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Industri Daur Ulang Sampah Plastik Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Pekerja di Desa Karangbendo Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang

Fiqri Lailliyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Lailliyah, Fiqri. 2014. Kontribusi Industri Daur Ulang Sampah Plastik terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Pekerja di Desa Karangbendo Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Kontribusi, Sosial Ekonomi, Pekerja.

 

Sektor industri merupakan sektor yang diharapkan dapat mengatasi masalah ketenagakerjaan di Indonesia khususnya masalah pengangguran karena dapat menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang banyak. Keberadaan Industri di lingkungan masyarakat akan memberikan peluang bagi penyerapan tenaga kerja dan mengurangi masalah pengangguran. Industri daur ulang sampah plastik di Desa Karangbendo secara tidak langsung akan memberikan sumbangan bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat khususnya masyarakat pekerja industri.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengkaji kontribusi industri daur ulang sampah plastik terhadap kondisi sosial ekonomi pekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus dengan populasi dan sampel penelitian yaitu seluruh pekerja industri daur ulang sampah plastik di Desa Karangbendo yang berjumlah 112 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa industri daur ulang sampah plastik memberikan kontribusi terhadap kondisi sosial dan ekonomi pekerja. Pekerja industri dapat meningkatkan pendidikan yang lebih tinggi bagi keluarganya, status sosial sebagai pekerja industri serta memperoleh  pekerjaan yang tetap, kemudian anggota keluarga pekerja banyak yang terserap sebagai tenaga kerja industri sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran. Kontribusi ekonomi dari industri daur ulang sampah plastik terhadap pekerja cukup besar. Pendapatan yang diperoleh pekerja industri rata-rata Rp. 900.000 sampai kurang dariRp. 1.250.000 sehingga dapat menyumbangkan pendapatan bagi ekonomi keluarganya. Pendapatan yang diperoleh seluruh keluarga pekerja industri rata-rata sebesar Rp. 1.500.000sampai kurang dariRp. 2.000.000 perbulan.

Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini bagi Dinas Kebersihan Kabupaten Lumajang untuk bekerjasama dengan industri yang mengelolah sampah plastik menjadi barang yang bernilai ekonomi. Bagi masyarakat Desa Karangbendo dan sekitarnya agar memanfaatkan keberadaan industri daur ulang sampah plastik sebagai lapangan pekerjaan baru dan peluang memperoleh pekerjaan untuk dapat meningkatkan kondisi sosial dan ekonomi.