SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ZONASI HEAT INDEX KAWASAN PERMUKIMAN KECAMATAN PANDAAN

MASON RAIHAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Raihan, Mason. 2014. Zonasi Heat Index Kawasan Permukiman Kecamatan Pandaan. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si, (II) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd.

 

Kata Kunci: heat index, kawasan permukiman, suhu, kelembapan.

 

Iklim mikro merupakan salah satu iklim yang penggolongannya berdasarkan skala proses. Suhu dan kelembapan merupakan dua faktor yang pembentuk iklim mikro. Suhu dan kelembapan di kwasan pemukiman akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan Kawasan permukiman Kecamatan Pandaan. Tingkat kepadatan permukiman di Kecamatan Pandaan berimplikasi terhadap suhu dan kelembapan di kawasan ini. Semakin berkurangnya ruang terbuka hijau di Pandaan, maka temperatur akan semakin meningkat. Perubahan iklim mikro dalam hal ini suhu dan kelembapan udara akan berimplikasi langsung terhadap tingkat kenyamanan kawasan permukiman di Kecamatan Pandaan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat zonasi heat index permukiman di Kecamatan Pandaan. Objek penelitian adalah  kawasan permukiman di Kecamatan Pandaan. Penentuan fokus area penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling ditentukan berdasarkan kepadatan permukiman dan luas kelompok permukiman. Penentuan titik sampel penelitian menggunakan perpotongan garis lintang dan bujur pada fokus area. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif. Heat Index (HI), ditentukan dari hasil pengukuran temperatur dan kelembapan udara di setiap lokasi penelitian yang kemudian analisis dengan menggunakan rumus Steadman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kenyamanan per satuan waktu lokasi yang paling nyaman pada pagi hari berada di titik 8 dan 9 dengan kriteria HI masuk dalam kriteria hangat dengan nilai HI