SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil belajar pada Kompetensi Mendeskripsikan Pola Keg Ekonomi, Penggunaan Lahan, dan Pola Permukiman Berdasarkan Kondisi Fisik Permukaan Bumi Kelas VII SMPN 1 Sumobito Jombang

Ni'matul Iza

Abstrak


ABSTRAK
Iza, Ni'matul. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together
(NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi
Mendiskripsikan Pola Kegiatan Ekonomi, Penggunaan Lahan, dan Pola
Permukiman Berdasarkan Kondisi Fisik Permukaan Bumi Kelas VII
SMP Negeri 1 Sumobito Kabupaten Jombang. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing:
(I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.
Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar.
Hasil observasi awal menunjukkan bahwa metode pembelajaran IPS
Geografi yang dilakukan oleh guru kelas VII F di SMP Negeri 1 Sumobito berupa
ceramah, penugasan, dan diskusi kelompok. Metode tersebut dirasakan masih
kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, kerja kelompok, dan
kemampuan siswa dalam menguraikan materi pembelajaran sehingga hasil belajar
siswa kurang optimal dalam mencapai kompetensi yang ditetapkan. Hal itu
terlihat dari ketuntasan klasikal sebesar 47%. Ketuntasan belajar siswa tersebut
kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM), sebesar > 65 dan ketuntasan
belajar klasikalnya, sebesar > 85%.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai
kompetensi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Numbered
Head Together (NHT) dengan rancanngan penelitian tindakan kelas. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes, dan dianalisis secara deskriptif. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas VII F yang berjumlah
34 siswa pada bulan Mei-Juni 2009.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II.
Peningkatan hasil belajar dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa.
Ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan sebesar 47%, pada siklus I meningkat
menjadi 65% dan siklus II meningkat menjadi 91%.
Berdasarkan hasil tersebut disarankan agar model pembelajaran Numbered
Head Together (NHT) diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar yang berupa
pengembangan kompetensi dasar mendiskripsikan atau kompetensi sejenis yang
perlu dilakukan penelitian. Bagi guru bidang studi IPS Geografi di SMP Negeri 1
Sumobito disarankan untuk menjadikan model Numbered Head Together sebagai
salah satu pembelajaran alternatif, agar dapat meningkatkan hasil belajar. Untuk
penelitian lanjutan model ini perlu dikembangkan pada kompetensi dasar analisis
dengan aspek hasil belajar dan aktivitas siswa.
Click here to buy
ABBYY PDF Transformer 2.0
www.ABBYY.com
Click here to buy
ABBYY PDF Transformer 2.0
www.ABBYY.com

Teks Penuh: DOC PDF