SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FERTILITAS DI KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI

Yuliana Kristanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristanti, Yuliana. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Fertilitas di Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budijanto, M.Sos, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci: fertilitas, variabel antara, variabel sosial-ekonomi dan budaya

 

Fertilitas (kelahiran) merupakan kemampuan seorang perempuan untuk melahirkan anak dalam keadaan hidup yang ditandai dengan tanda-tanda kehidupan. Fertilitas dipengaruhi oleh faktor langsung dan tidak langsung. Salah satu perhitungan yang digunakan untuk menentukan fertilitas adalah Crude Birth Rate yaitu jumlah kelahiran hidup pada suatu daerah tertentu setiap 1000 penduduk. Kecamatan Kandat merupakan salah satu kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kediri. Pada tahun 2011 jumlah penduduk sebesar 60.758 jiwa. Kecamatan ini mempunyai tingkat pertumbuhan penduduk 0,10%. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengkajian mengenai kaitan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap tingkat fertilitas di Kecamatan Kandat.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat fertilitas di Kecamatan Kandat, mendeskripsikan keterkaitan antara fertilitas dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan bobot nilai sumbangan masing-masing variabel terhadap tingkat fertilitas. Adapun faktor-faktor tersebut adalah umur kawin pertama, lama periode reproduksi, lama pemakaian alat kontrasepsi, mortalitas bayi, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan metode survei. Sampel penelitian ini menggunakan sampel daerah Desa Karangrejo dan Desa Selosari yang diambil secara Purposive Sampling dengan sampel responden wanita pernah kawin usia 15-49 tahun berjumlah 90 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan tabulasi tunggal dan tabulasi silang serta regresi berganda.

Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa semua variabel yang diteliti kecuali tingkat pendapatan berpengaruh terhadap tingkat fertilitas. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa semua variabel bebas secara simultan/bersama-sama mempengaruhi tingkat fertilitas. Secara parsial hanya terdapat dua variabel yang mempengaruhi fertilitas di daerah penelitian yaitu lama periode reproduksi dan mortalitas bayi. Variabel yang memberikan  bobot sumbangan terbesar adalah lama periode reproduksi dan yang memberikan sumbangan terkecil adalah lama pemakaian alat kontrasepsi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak semua faktor yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh secara signifikan terhadap fertilitas.