SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KONTRIBUSI OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS CANGAR TERHADAP KONDISI EKONOMI RUMAH TANGGA DI DESA SUMBER BRANTAS KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU

Linda Kusmiati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusmiati, Linda. 2014. Kontribusi Objek Wisata Pemandian Air Panas Cangar Terhadap Kondisi Ekonomi Rumah Tangga Di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Singgih Susilo, M.S., M.Si (II) Dr. I Nyoman Ruja, S.U.

 

Kata Kunci: kontribusi, kondisi ekonomi

 

Dinamika perkembangan wilayah Kota Batu saat ini lebih mengarah pada perkembangan sebagai sentra pertanian dan sentra wisata dengan ikon “Kota Wisata”. Salah satu objek wisata di Kota Batu adalah pemandian air panas Cangar yang terletak di Desa Sumber Brantas. Sebagian besar masyarakat Sumber Brantas bekerja pada  sektor pertanian. Adanya objek wisata Cangar dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga dapat menambah pendapatan rumah tangga.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui karakteristik responden di di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dan (2) mengetahui kontribusi objek wisata pemandian air panas Cangar terhadap kondisi ekonomi rumah tangga di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Penelitian ini dilakukan pada kepala keluarga di Desa Sumber Brantas yang melakukan aktifitas ekonomi di sekitar dan sepanjang jalan menuju objek Cangar sejumlah 44 kepala keluarga. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tabulasi tunggal, kontribusi pendapatan, dan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) masyarakat yang melakukan aktifitas ekonomi di sekitar Cangar termasuk dalam usia produktif dan 95,5% berstatus menikah dengan jumlah beban tanggungan rata-rata 2 – 3 orang. 59,1% masyarakatnya berpendidikan SMP. Jarak tempat kerja dengan rumah rata-rata adalah 1 – 2 km yang ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dan bekerja selama 9 – 10 jam/hari. 2) sebagian besar masyarakatnya memiliki pekerjaan pokok sebagai petani dan tidak mempunyai pekerjaan sampingan, jenis pekerjaan yang diserap oleh objek wisata Cangar adalah pedagang, tukang parkir, serta pemilik lahan parkir dengan penghasilan tambahan antara Rp300.000,- sampai Rp2.500.000,- per bulan. Kontribusi dari adanya objek wisata Cangar terhadap pendapatan rumah tangga masyarakat di Desa Sumber Brantas rata-rata adalah 29,22%.