SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS 2 MAN 3 MALANG

Bayu Bima Yusufa

Abstrak


ABSTRAK

 

Yusufa, Bayu Bima. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas X IPS 2 MAN 3 Malang.Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Drs. Dwiyono Hari Utomo, M. Pd, M. Si (2) Dr. Budijanto M.Sos

 

Kata Kunci: Minat Belajar, Pemahaman Konsep, Think Pair Share

 

Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas X IPS 2 MAN 3 Malang yaitu kurangnya minat belajar dan pemahaman konsep pada matapelajaran geografi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan saat proses pembelajaran pada 28 Oktober 2013 menunjukkan bahwa terdapat siswa yang duduk disebelah belakang berbicara dengan temannya, membaca novel, menggambar dan ada pula yang tidak memperhatikan ketika dijelaskan. Hasil tes yang diperoleh menunjukkan siswa yang nilainya berada dibawah SKM sejumlah 100%, sehingga pemahaman konsep siswa pada matapelajaran geografi masih kurang. Peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas X IPS 2 MAN 3 Malang dengan jumlah 21 siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu Kompetensi Dasar Menganalisis atmosfer dan dampaknya di permukaan bumi. Pengambilan data dengan angket, catatan lapangan, dan tes. Minat Belajar diukur dengan menggunakan angket minatbelajar, sedangkan pemahaman konsep diukur dengan tes pemahaman konsep. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep geografi siswa MAN 3 Malang.Rata-rata persentase minat belajar sebesar 45,24% pada siklus I menjadi 61,19% pada siklus II. Rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 64,9% pada siklus I menjadi 86,1% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka Think Pair Share dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif yang cocok pada matapelajaran geografi.Diharapkan pada guru mata pelajaran geografi, agar dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share sebagai alternatif dalam praktek pembelajaran. Guru dalam menerapkan model ini perlu menjelaskan manfaat Think Pair Share, memberikan materi yang menarik, memperhatikan alokasi waktu, memotivasi siswa untuk aktif, memantau aktivitas siswa dan berpindah tempat ketika menjelaskan agardapat menjangkau seluruh siswa di kelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Yusufa, Bayu Bima. 2014. The Application of Think Pair Share Learning Model to Improve Student’s Learning Interest and Comprehension of Geography Concept Class X IPS 2 MAN 3 Malang.Advisors : (1)Drs. Dwiyono Hari Utomo, M. Pd, M. Si (2) Dr. Budijanto M.Sos

 

Keywords: Learning Interest, Comprehension, Think Pair Share

 

The problem has been happened in social 2 of MAN 3 Malang is less of student earning interest and comprehension of Geography concept. This results is based on the observation which is done in learning process on October 28th 2013. It showed that students who were sat in the back side like to talk with their friend, reading novel, or drawing. Even, some of them did not pay attention the lesson. The result of test shows that 100% of student got bad mark. It means that their competency under Criteria Minimal of Accompalisment (KKM). In that case, the student’s understanding concept of Geography is in sufficient. Therefore, it can be improved by using Think Pair Share learning model.

This study aims to increase student learning interest, and understanding concept of Geography by using Think Pair Share learning. This study is a classroom action research which is included planning, doing, observating, and reflecting. The subject of study is student of X class social 2 in MAN 3 Malang which is consisted 21 students. The material is taken in this research from Basic Competency It is to Analyze Atmosphere and its effect toward earth. The data was taken by using questionaired filled note and test. In other hand, The student‘s understanding is measured by test and the student’s learning interest is measured by questionaired. The data are analyzed by using descriptive method.

This research shows that there is an improvement of student learning and comprehension toward the concept of Geography in student of MAN 3 Malang. In the first cycle, the average of learning interest is 45,24%, while in second cycle, it increase 61,19%. In the first cycle, the average of students’s comprehension toward the concept of Geography subject is 64,9% but, it increase to 86,1% in the second cycle. Based on these result, it can be concluded that the Think Pair Share learning model is appropriate to be used as the alternative one of method of learning Geography.So, the geography teacher must apply Think Pair Share learning model in their learning practic. In the applied, the teacher needs a coution to explain the benefit of Think Pair Share, give an interest material, attention an alocation, motivate all of students, observe a student activity and keep mobile when the teacher are learn to manage students in the class.