SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH DI DESA MANCILAN, KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

Ockta Christy Annastasia

Abstrak


ABSTRAK

 

Annastasia, Ockta Christy. 2014. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pendapatan Terhadap Kesehatan Lingkungan Rumah di Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si, (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, kesehatan lingkungan rumah

 

Dalam menjaga kesehatan lingkungan rumah, pengetahuan akan kesehatan lingkungan juga sangat berpengaruh. Jika kesehatan lingkungan rumah tidak dijaga maka akan menimbulkan beberapa masalah. Kebanyakan masyarakat baru akan menanggapi keadaan lingkungannya jika sudah terjadi suatu musibah, seperti penyakit atau bencana yang ditimbulkan. Kesehatan lingkungan rumah dipengaruhi beberapa hal antara lain tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan kepala keluarga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan lingkungan rumah di Desa Mancilan, menemukan hubungan antara tingkat pendidikan kepala keluarga di Desa Mancilan dengan kondisi kesehatan lingkungan rumah dan menemukan hubungan antara tingkat pendapatan kepala keluarga di Desa Mancilan dengan kondisi kesehatan lingkungan rumah.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh kepala keluarga di Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Sampel responden adalah 96 kepala keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi dan dianalisis menggunakan tabulasi tunggal dan tabulasi silang.

Hasil penelitian menunjukkan kondisi kesehatan lingkungan rumah di Desa Mancilan termasuk dalam kriteria sangat sehat, semakin tinggi tingkat pendidikan kepala keluarga maka kesehatan lingkungan rumah cenderung semakin baik dan semakin tinggi tingkat pendapatan maka kesehatan lingkungan rumah juga cenderung semakin baik.

Saran untuk penelitian kali ini khususnya untuk masyarakat Desa Mancilan agar lebih memperhatikan kembali untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai.