SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share Berbantuan Word Square terhadap Pemahaman Konsep Pedosfer di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo

Ika Wahyu Diyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Diyanti, Ika Wahyu. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share Berbantuan Word Square terhadap Pemahaman Konsep Pedosfer di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M. Si, (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

 

Kata kunci : Think Pair Share, Word Square, Pemahaman Konsep.

 

Pemahaman konsep diperlukan oleh siswa supaya mampu memecahkan persoalan dalam pembelajaran sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Geografi merupakan mata pelajaran yang membutuhkan tingkat pemahaman tinggi karena didalamnya terdapat banyak konsep dan istilah yang dipelajari. Salah satu pokok bahasan dalam kajian geografi adalah konsep pedosfer. Pemahaman konsep pedosfer dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran, salah satunya adalah Think Pair Share berbantuan Word Square. Kelebihan model Think Pair Share, siswa mengkonstruksi pengetahuannya melalui interaksi sosial dengan orang lain. Dalam proses diskusi, guru memberikan Word Square yang dapat membantu mengingat materi dan mengembangkan kemampuan berpikir yang dimiliki sehingga siswa dapat ikut bertanggung jawab atas pembelajaran yang dilaksanakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think Pair Share berbantuan Word Square terhadap pemahaman konsep pedosfer di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-IPS 3 sebagai kelompok kontrol di SMA Negeri 1 Krembung, masing-masing berjumlah 32 siswa. Pengujian instrumen melalui teknik uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji t tidak berpasangan (Independent Sample t-Test).

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan model Think Pair Share berbantuan Word Square terhadap pemahaman konsep pedosfer di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Hal tersebut didasarkan pada gain skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata skor pada kelas ekperimen adalah 26,56 dan rata-rata skor pada kelas kontrol adalah 16,72. Dilihat dari grafik gain skor, kelas eksperimen menggambarkan keseimbangan karena selisih skor yang muncul tidak jauh berbeda sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki pemahaman konsep yang baik dan merata.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan dalam menggunakan model Think Pair Share lebih memfokuskan pada tahap Share karena yang paling berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa dan sebaiknya menggunakan Word Square pada tahap Think tidak sama dengan yang digunakan pada tahap Share tetapi ekuivalen.