SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN LATAR OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS MAN MALANG 02 KOTA BATU

Wahyu Islamul Hayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hayati, Wahyu Islamul. 2014. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan Latar Outdoor Study terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS MANMalang 2 Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto S.H S.Pd M.Pd, (II) Dr. I Nyoman Ruja, SU.

 

Kata Kunci: Prablem Based Learning (PBL) dengan latar Outdoor Study, kemampuan berpikir analitis

 

Kemampuan berpikir analitis siswa dalam pembelajaran geografi masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir dalam pembelajaran geografi di Indonesia masih sebatas dalam aspek pengetahuan dan pemahaman.Pengembangan kemampuan berpikir analitis siswa dalam pelajaran geografi perlu dikembangkan melalui pembelajaran. Pembelajaran yang dirancang dan dilakukan dengan baik akan menumbuhkan kemampuan berpikir analitis siswa yang mampu mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan. Pembelajaran yang dirancang untuk menumbuhkan kemampuan berpikir analitis perlu menyajikan permasalahan nyata yang ada dilingkungan sekitar siswa, sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Salah satu model pembelajaran adalah Problem Based Learning (PBL)dengan latar outdoor study.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhProblem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor studyterhadap kemampuan berpikir analitis.Rancangan penelitian ini berupa PosttestControlGroup Design. Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment), yang termasuk dalam penelitian kuantitatif.Penelitian dilaksanakan di MAN Malang02 Kota Batu, dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis siswa setelah perlakuan pada kedua kelas.Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Statistik dengan bantuan SPSS for Windows. Instrumen penelitian ini menggunakan soal essai.

Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwaProblem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh nilai sig sebesar 0,000. Nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen adalah 77,37 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 69,35. Sehingga model Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa.

Saran yang dapat diberikan diharapkan memberi manfaat antara lain: 1) sekolah, disarankan menganjurkan kepada guru untuk menerapkan Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study dalam pembelajaran; 2) guru disarankan menerapkanProblem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor studysebagai alternatif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat meningkatkankemampuannya dalam pembelajaran, terutama kemampuan berpikir analitis siswa; 3) peneliti lanjut yang berminat melakukan penelitian serupa, dapat menambah variabel dalam penelitian.