SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi RemitensiTenaga Kerja Wanita (TKW) Ke Daerah Asal Di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang

Devrat Satriya Wibangga

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibangga, Devrat Satriya. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi RemitensiTenaga Kerja Wanita (TKW)  Ke Daerah Asal Di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budijanto, M.Sos (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: remitensi, TKW

 

Pertumbuhan  penduduk  yang  terus meningkat mengakibatkan  timbulnya masalah  baru,  yaitu bertambahnya  kebutuhan  lapangan  pekerjaan.  Keadaan tersebut mengakibatkan masyarakat di Kecamatan Sumberpucung bekerja ke luar negeri  sebagai  tenaga  kerja  wanita  (TKW).  Selain  itu,  gaji/  upah  yang  tinggi menjadi  daya  tarik  untuk  bekerja  di  luar  negeri.  Beberapa  TKW mengirimkan sebagian dari pendapatannya kepada keluarga di daerah  asal  (remitensi).  Jumlah remitensi yang dikirim TKW ke daerah asal setiap orang akan berbeda.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor  yang mempengaruhi jumlah  remitensi  ke  daerah  asal  dan  bagaimana  pemanfaatan  remitensi  oleh keluarga TKW di Kecamatan Sumberpucung. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah remitensi adalah kawasan negara tujuan TKW, jenis pekerjaan, pendapatan TKW, dan beban tanggungan TKW. 

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  kuantitatif,  metode  yang digunakan  adalah  survei.  Jenis  penelitian  ini  adalah  eksplanatori  dimana menjelaskan  hubungan  kausalitas  antar  variabel  jumlah  remitensi  dan  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  pengiriman  remitensi  melalui  pengujian  hipotesis. Sampel dalam penelitian  ini  sebanyak 100  responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara dokumentasi dan wawancara.

Hasil  penelitian  menunjukkan  jumlah  remitensi  yang  dikirim  ke  daerah asal dikarenakan ada  faktor-faktor yang mempengaruhi. Faktor-faktor yang  telah diuji  menggunakan  tabulasi  tunggal,  tabulasi  silang,  analisis  Korelasi  Product Moment dan Chi Square didapatkan hasil sebagai berikut: (1) ada korelasi antara beban  tanggungan  dengan  jumlah  remitensi  (2)  ada  korelasi  antara  pendapatan TKW  dengan  jumlah  remitensi  (3)  ada  korelasi  antara  kawasan  negara  dengan jumlah  remitensi  (4)  ada  korelasi  antara  jenis  pekerjaan  TKW  dengan  jumlah remitensi di Kecamatan Sumberpucung.

Berdasarkan hasil penelitian  sebaiknya setiap TKW yang akan bekerja di luar negeri memilih bekerja di kawasan Asia Timur, karena upah atau gaji yang diterima  TKW  lebih  besar.  Hal  tersebut  mempengaruhi  jumlah  remitensi  yang dikirim  ke  daerah  asal.  TKW  yang memiliki  pendapatan  tinggi  akan mengirim remitensi dalam jumlah yang lebih besar.