SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapam Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Geografi dan Pemahaman Konsep Pada Materi Pemanfaatan Lingkumgam Hidup Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kesamben Blitar

endang sari ningsih

Abstrak


Hasil observasi yang dilakukan bulan Oktober dan Januari di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Kesamben menunjukkan motivasi belajar siswa rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan siswa tidak terlibat aktif selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep pada materi SDA yang dilaksanakan sebelum tindakan menunjukkan siswa yang tidak lulus SKM yaitu 62%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Permasalahan yang diteliti yaitu motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi motivasi belajar dan soal tes pemahaman konsep yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 3 soal esai. Penelitian dilaksanakan pada materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan pemahaman konsep meningkat pada setiap siklusnya. Motivasi belajar sebelum tindakan yaitu 36,87% (kurang), pada siklus I sebesar 61,99% (cukup), dan pada siklus II mencapai 82,69% (baik). Pemahaman konsep sebelum tindakan yaitu 37,93% (kurang), pada siklus I sebesar 67,65% (cukup), dan siklus II mencapai 87,5% (baik sekali).
Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan yaitu penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Kesamben Blitar. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu: a) management waktu pada setiap pelaksanaan tindakan perlu diperhatikan supaya tahapan think, pair, share dapat terlaksana dengan optimal,
b) pada tahap think diperlukan usaha guru untuk mengarahkan siswa supaya bekerja secara individu, c) pada tahap pair diperlukan usaha guru untuk mengarahkan siswa untuk berdiskusi supaya siswa saling bertukar ide, d) pada tahap share peran guru memotivasi siswa agar terlibat aktif dalam diskusi kelas, e) bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian pada jenjang pendidikan dan materi yang lain, sehingga dapat menambah pengetahuan dan manfaat yang lebih banyak dari model pembelajaran ini.