SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Geografi Pada Materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kesamben

Aprilia Suwandini

Abstrak


Observasi dilakukan pada tanggal 6 Nopember 2013 di SMA Negeri 1 Kesamben terhadap proses pembelajaran Geografi. Observasi dilakukan pada kelas XI IPS-2 yang berjumlah 34 siswa. Proses pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah. Sebagian besar aktivitas pembelajaran didominasi oleh guru. Motivasi belajar siswa sangat rendah. Dalam proses pembelajaran terlihat siswa datang terlambat, keluar masuk kelas, tidak memperhatikan penjelasan guru, mengobrol dengan teman, bermain gadget, bahkan diantaranya terlihat lesu tidak bersemangat, dan karakter siswa sangat individual. Hasil perhitungan motivasi awal siswa menunjukkan bahwa hanya sebesar 44,11% siswa yang menunjukkan indikasi motivasi. Sedangkan berdasarkan wawancara guru, motivasi belajar siswa kurang dalam mengikuti proses pembelajaran.
Melihat permasalahan yang terjadi di kelas XI IPS-2, maka perlu mengkondisikan lingkungan belajar siswa yang dapat meningkatkan motivasi belajar. Model pembelajaran yang perlu diterapakan adalah pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD). Model ini dapat mendorong siswa untuk bekerjasama dan bertanggung jawab terhadap keberhasilan kelompok dalam mempelajari materi dan menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Selain itu tanggung jawab individu dapat memotivasi siswa untuk aktif dan saling melakukan pekerjaan tutorial antar anggota kelompok.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Geografi kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Kesamben pada materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 pada bulan Januari 2014.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi siswa setelah diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan kepada guru bidang studi Geografi untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi lain untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang serupa dalam pelajaran Geografi dengan materi yang lain dan menerapkannya pada jenjang sekolah yang berbeda.