SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peranan dan Sumbangan Pendapatan Pelabuhan Perikanan Prigi Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Wilayah Kabupaten Trenggalek

Riska Primawardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Primawardani, Riska. 2014. Peranan dan Sumbangan Pendapatan Pelabuhan Perikanan Prigi Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Wilayah Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si (2)Drs. Mustofa, M.Pd

 

Kata kunci : Pelabuhan Perikanan, Pendapatan Asli Daerah

 

Pembangunan sarana dan prasarana di suatu wilayah, bertujuan untuk meningkatkan ekonomi di wilayah tersebut. Dalam RPJMD Kabupaten Trenggalek, pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di wilayah tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan berbagai program yang direncanakan, yakni, dengan adanya pembangunan PPN Prigi di Kabupaten Trenggalek. Keberhasilan itu dapat dinyatakan dengan keberhasilan pemenuhan target yang direncanakan,. Maka dari itu keberadaan PPN sangat penting dalam menyumbang Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Trenggalek.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar sumbangan yang diberikan untuk pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan tabulasi tunggal. Data yang diperoleh ini merupakan data sekunder yang perlu diolah atau dianalisis.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapat menunjukkan Peranan pelabuhan perikanan Prigi adalah sebagai tempat berlabuhnya berbagai jenis kapal dengan pertumbuhan setiap tahunnya rata-rata 4,2% dan tempat berbagai jenis alat tangkap pertumbuhan setiap tahunnya rata-rata 15,5% , pendaratan hasil produksi tangkap pertumbuhan setiap tahunnya rata-rata 71%, penyerapan tenaga kerja pertumbuhan setiap tahunnya rata-rata 10,8%, pusat menyumbang perikanan Trenggalek pertumbuhan setiap tahunnya rata-rata 95%, menambah penghasilan masyarakat pertumbuhan setiap tahunnya rata-rata 25 %, dan menyumbang PAD pertumbuhan setiap tahunnya rata-rata 61%.

Sumbangan Retribusi perikanan Prigi terhadap PAD Kabupaten Trenggalek sebesar 2,2 % pertahun, gagal memenuhi target yang direncanakan yakni sebesar 5% per tahunnya. Hasil penelitian menunjukkan rencana strategis KSP gagal mencapai sasaran. Untuk itu perlu diakan sosialisasi dan penyuluhan untuk mengoptimalkan produktifitas nelayan, peningkatan permodalan dan penambahan jumlah investor, mengingat nelayan di PPN Prigi sangat membutuhkan modal.