SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Menggunakan Media Video Terhadap Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Malang.

Nur Cholifah

Abstrak


Model pembelajaran Group Investigation adalah salah satu model dalam pembelajaran kooperatif. Model ini masih perlu adanya penunjang dalam tahapan pembelajaran salah satunya menggunakan media. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah video. Model pembelajaran Group Investigation menggunakan media video ini dikaitkan dengan berpikir kritis yaitu menuntut siswa untuk menemukan permasalahan, menganalisis penyebab, menghubungkan dengan permasalahan lingkungan lainnya, dan memberikan alternatif solusi yang mampu dijalankan. Berdasarkan kajian tersebut model pembelajaran Group Investigation menggunakan media video ini diharapkan mampu mengubah pola pikir siswa SMAN 3 Malang dari tekstual menjadi kontekstual dan lebih peka terhadap keadaan lingkungan sekitar.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation menggunakan media video terhadap tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 3 Malang. Jenis penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan desain pretest dan posttest (randomized pretes dan posttest control group design). Subjek penelitian ini kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas berjumlah 31 siswa.Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest sebanyak 5 butir soal. Analisis data yang dilakukan melalui uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (independent sample t test).
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan antara tingkat berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dilihat dari nilai signifikansi Uji-t