SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Memahami Konsep Geografi Siswa MAN Wlingi Kabupaten Blitar

Eni Nurussa'adah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurussa’adah, Eni. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Memahami Konsep Geografi Siswa MAN Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D.

 

Kata Kunci: Cooperative Script, Kemampuan Memahami Konsep Geografi

 

Kemampuan memahami konsep merupakan hal yang penting dalam pelajaran geografi. Hal ini karena melalui kemampuan pemahaman, maka siswa dapat mengerti dan menjelaskan kembali dalam bentuk lain yang mudah dimengerti, kemudian mampu menerapkannya. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan memahami konsep geografi siswa adalah model pembelajaran Cooperative Script.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model Cooperative Script terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa MAN Wlingi. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperiment. Rancangan penelitian ini menggunakan posttest-only control design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Statistik Non-Parametrik dengan bantuan SPSS  16.0 for Windows. Instrumen Penelitian menggunakan tes berupa soal esai yang diberikan sesudah perlakuan. Penelitian dilaksanakan di MAN Wlingi Kabupaten Blitar dengan mengambil 2 kelas sebagai subjek penelitian. Kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa MAN Wlingi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil tes kemampuan memahami konsep geografi kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 81,4 dan kelas kontrol sebesar 76,5. Berdasarkan hasil analisis hipotesis dengan Mann-Whitney U Test diketahui bahwa kemampuan memahami konsep geografi siswa sebesar 0,003 atau < 0,05 maka H0 ditolak. Model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa MAN Wlingi.

Disarankan kepada guru geografi untuk menggunakan model Cooperative Script sebagai variasi model pembelajaran karena model pembelajaran ini dapat membuat pemahaman konsep geografi siswa lebih baik. Pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran, sebaiknya guru benar-benar memperhatikan waktu agar sintaks model pembelajaran dapat terlaksana sesuai alokasi waktu yang tersedia. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih merencanakan pengelolaan kelas dengan efektif dan beberapa peraturan agar mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal.