SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN BELAJAR PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 LAWANG KABUPATEN MALANG

Yuniar Fadilah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fadilah, Yuniar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Belajar Pelajaran Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan  Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd, (II) Ardyanto Tanjung, S. Pd, M. Pd.

 

Kata Kunci: Probing Prompting, Motivasi Belajar, Pemahaman

 

Rendahnya kualitas pembelajaran merupakan bukti kurang berhasilnya proses pembelajaran yang dilakukan. Hal tersebut salah satunya dikarenakan kurang sesuainya model pembelajaran yang digunakan dengan materi yang akan disampaikan. Pemilihan model pembelajaran harus memperhatikan karakteristik siswa, karena setiap kelas memiliki karakteristik yang berbeda. Dari hasil pengamatan yang dilakukan di Kelas X-IPS.1 SMA Negeri 1 Lawang, diketahui bahwa dari 33 siswa, hanya 14 siswa yang mencapai SKM, atau sekitar 42,4%. Dari observasi tersebut juga diketahui bahwa rata-rata motivasi belajar siswa hanya mencapai 12,3. Hal tersebut berarti masih terdapat banyak siswa yang memiliki nilai motivasi yang rendah. Karena motivasi yang rendah sehingga pemahaman siswa juga rendah. Rendahnya motivasi siswa tersebut menyebabkan siswa tidak begitu antusias dalam mengikuti pelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, model pembelajaran Probing Prompting perlu dilakukan agar motivasi dan pemahaman siswa meningkat.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari beberapa siklus. Tiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data motivasi diperoleh dari lembar observasi yang diisi oleh observer, sedangkan pengumpulan data Pemahaman diperoleh dari tes pada setiap akhir siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-IPS.1 yang terdiri dari 33 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting motivasi belajar siswa meningkat dari rata-rata sebelum tindakan sebesar 12,3, meningkat pada siklus I sebesar 16,8 kembali meningkat menjadi 22,6 di siklus II. Selain itu peningkatan motivasi siswa juga nampak dari keantusiasan siswa dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan. Selain motivasi, pemahaman siswa juga meningkat dari Siklus I ke Siklus II

Dari penelitian tersebut, terbukti bahwa penerapan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman geografi siswa kelas X-IPS.1 di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Penerapan pembelajaran Probing Prompting akan berjalan dengan lancar bila guru mampu menciptakan suasana yang nyaman, serius tapi santai agar siswa tidak tegang. Selain itu guru juga harus menyiapkan bahan maupun permasalahan-permasalahan yang akan diajukan pada siswa agar pelaksanaan pembelajaran lebih efektif.