SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 3 PADA MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM SECARA ARIF DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Ilfatul Amanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Amanah, Ilfatul. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 3 pada Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Secara Arif di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd, M.Si (II) Drs. Sutjipto, M.Pd.

 

Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, Problem Posing

 

Hasil kemampuan kognitif siswa pada mid semester genap tahun 2013/2013 yang peneliti observasi di kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa rendah, hanya 13 dari 34 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil tes mid semester menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah yakni 78. Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebesar 62 %. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa masih rendah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran Problem Posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 tahun ajaran 2013/2014 di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 pada materi pemanfaatan sumber daya alam secara arif di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Jenis penelitian ini adalaha Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan 5 teknik, yaitu (1) Portofolio Siswa, (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Dokumentasi, dan (5) Catatan Lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 71,25 dengan kriteria C (cukup baik) pada siklus I dan 78,27 dengan kriteria B (baik) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian yaitu penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 pada materi pemanfaatan sumber daya alam secara arif di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.

Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan yaitu penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 pada materi pemanfaatan sumber daya alam secara arif di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Adapun saran yang diberikan adalah hendaknya guru dapat: (a) menerapkan model pembelajaran Problem Posing sesuai dengan tahap-tahapnya, (b) memilih materi pelajaran yang tepat agar siswa dapat mengajukan permasalahan dengan maksimal, (c) mengajukan permasalahan yang aktual agar siswa mudah dalam memahami suatu permasalahan, (d) memberikan ruang yang lebih kepada siswa untuk menggali kemampuan dalam membuat dan menjawab pertanyaan, (e) memberikan perhatian dan menemukan penyebab permasalahan siswa yang gagal dengan memperoleh nilai 20 dalam berpikir kritis, dan (f) pengelolaan kelas dan manajemen waktu yang baik agar pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tahapan Problem Posing.