SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI KONDISI GEOGRAFIS PANTAI PELANG DI KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK SEBAGAI OBJEK WISATA

Muhammad Devid Syahrial

Abstrak


ABSTRAK

 

Syahrial, Muhammad Devid. 2014. Evaluasi Kondisi Geografis Pantai Pelang di Kecamatan Panggul Kabupaten Trengglek Sebagai Objek Wisata. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Komang Astina, M. S, Ph.D. (2) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Geografis, Pantai Pelang, Objek Wisata

 

Provinsi Jawa Timur dijadikan sebagai salah satu daerah kunjungan wisata oleh wisatawan domestik maupunmancanegara. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya wisatawan yang berkunjung ke beberapa objek wisata di Jawa Timur. Salah satu daerah yang memiliki potensi wisataadalah Kabupaten Trenggalek. Secara geografis Kabupaten Trenggalek dibagi menjadi tiga tipologi kawasan yaitu pegunungan, dataran dan pesisir. Dari ketiga kawasan tersebut yang paling berpotensi sebagai objek wisata adalah kawasan pesisir, karena padakawasan ini terdapat pantai yang dapat dijadikan sebagai objek wisata.Dalam RTRW Kabupaten Trenggalek periode 2011-2031 Pantai Pelang merupakan salah satu tujuan pengembangan wisata. Pada kenyataan pengembangan wisata Pantai Pelang tidak sesuai dengan jumlah pengunjung yang diharapkan oleh pengelola. Dari permasalahan tersebut perlu adanya evaluasi kondisi geografis terhadap Pantai Pelang.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi fisik Pantai Pelangsebagai objek wisata (2) mengetahui kondisi sarana prasarana Pantai Pelangsebagai objek wisata.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan  metode survei.Data primer diperoleh denganteknik pengukuran lapangan dan observasi. Data sekunder diperoleh dengan teknik dokumentasi. Pengukuran lapangan dan observasi dilakukan dengan teknik purpossive. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan scoring.

Hasil penelitian menunjukkankondisi fisik Pantai Pelangtergolong dalam kategori sangat  sesuai dan  mendukung sebagai objek wisata.Kondisi fisik di Pantai Pelang yang tergolong dalam kategori sangat sesuai adalah kemiringan gisik, jarak ketersediaan air tawar, kecepatan angin, tipe pantai, biota berbahaya, dan penutup lahan pantai.Kondisi fisik Pantai Pelang yang tergolong dalam kategori kurang sesuai adalah lebar gisik pantai. Kondisi sarana dan prasarana Pantai Pelang tergolong sesuai dan mendukung  sebagi objek wisata. Kondisi sarana dan prasarana yang sesuai dan mendukung untuk objek wisata pantai adalah penyediaan air bersih, jaringan listrik, tempat parkir, kamar mandi dan gazebo. Kondisi sarana dan prasarana Pantai Pelang yang cukup sesuai adalah kendaraan, kondisi jalan, jaringan komunikasi, dan penjual makanan.