SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kompleks Pariwisata Religi Makam Gus Dur

Nila Mey Shinta

Abstrak


ABSTRAK

 

Shinta, Nila Mey. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kompleks Pariwisata Religi Makam Gus Dur. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si, (2) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: pendapatan, pedagang kaki lima, makam Gus Dur

 

Jombang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang mengalami masalah kependudukan, seperti tingginya pertumbuhan penduduk yang disebabkan tingginya fertilitas, tidak meratanya penyebaran penduduk, dan rendahnya SDM. Berbagai masalah kependudukan yang ada berdampak kepada ketersediaan lapangan pekerjaan. Apabila ketersediaan lapangan kerja tidak seimbang dengan angkatan kerja, maka menyebabkan tingginya jumlah pengangguran. Tingginya jumlah penggangguran menunjukkan kegagalan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan nasional, yang didalamnya terdapat pembangunan ekonomi. Dalam pembangunan ekonomi Indonesia kesempatan kerja masih menjadi masalah utama. Hal itu karena adanya kesenjangan dalam mendapatkannya. Kesenjangan ini terjadi karena minimnya kesempatan kerja di sektor formal sehingga para angkatan kerja yang tidak keterima pada sektor ini lari ke sektor informal. Salah satu sektor informal yang paling diminati para pengangguran yaitu pedagang kaki lima, misalnya saja di kompleks pariwisata religi makam Gus Dur.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang kaki lima di kompleks pariwisata religi makam Gus Dur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling sebanyak 110 responden. Analisis yang digunakan berupa tabulasi tunggal, tabulasi silang, dan korelasi product moment Pearson.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang kaki lima yaitu jam kerja, lama kerja, letak aksesibilitas, dan jenis barang jualan. Hasil dari analisis korelasi product moment Pearson menunjukkan bahwa jam kerja, lama kerja, dan letak aksesibilitas berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang kaki lima. Variabel yang paling berpengaruh adalah jam kerja. Sedangkan jenis barang jualan tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang kaki lima.

Hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai informasi bagi pedagang kaki lima tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang kaki lima di kompleks pariwisata religi makam Gus Dur sehingga mereka bisa meningkatkan pendapatannya, antara lain: 1) menambah jam kerjanya dengan cara menjaga lapak secara bergantian siang dan malam dengan anggota keluarganya, 2)  pedagang kaki lima yang lama kerjanya masih rendah bisa bertanya kepada pedagang kaki lima yang lebih lama, dan 3) menambah jenis barang jualan.